23 Manfaat Membaca Al Qur’an Untuk Kehidupan Setiap Hari

Manfaat membaca Al Qur’an untuk kehidupan setiap hari – Assalamuallaikum saudaraku, mohon maaf jika lama tidak menuliskan artikel, dikarenakan sedang sibuk. Oleh sebab itu, jika ada waktu luang saya menyempatkan untuk menuliskan artikel yang mungkin dapat bermanfaat bagi pembaca. Dalam kesempatan ini akan mencoba untuk menuliskan tentang apa saja khasiat ataupun manfaat membaca ayat Al Qur’an setiap hari ? Sebenarnya apabila kita membaca setiap hari hingga sampai khatam membaca ayat Al Qu’ran maka orang tersebut akan mendapatkan pahala yang sangat besar.
23 Manfaat Membaca Al Qur’an Untuk Kehidupan Setiap Hari
23 Manfaat Membaca Al Qur’an Untuk Kehidupan Setiap Hari
Sebab di dalam surah Al Qu’ran terdapat 114 surah, 30 juz dan 6236 ayat dan terbagi atas surat Makkiyah dan madaniyah. Apabila kita di dalam rumah ingin membaca satu surah saja di dalam ayat Al-Qur’an maka kita telah mendapatkan banyak sekali manfaat bagi pembacanya (pengamalnya). Hal tersebut di karena bahwa setiap surah maupun ayat di dalam kitab suci memiliki fadhilah, keutamaan maupun keistimewaan yang sangat besar.

Manfaat Membaca Al Qur’an Untuk Kehidupan Setiap Hari

Sebagai contoh jika istiqomah membaca salah satu surah dalam kitab suci yakni surah Al Waqiah,  surat Yasin maupun surah lainnya di dalam Al Qur’an, maka kita akan mendapatkan manfaat dari surah tersebut. Jadi apabila kita sampai khatam maupun sampai bisa menghafal setiap surah-surah dalam Al Qur’an, maka kita tidak bisa mengirakan berapa manfaat yang kita dapatkan. Yang terpenting adalah niat dalam membaca kitab suci karena Alloh Ta’ala.

Al Qur’an adalah sebuah kitab suci dalam ajaran Agama islam, umat islam menyakini bahwa Al Qur’an kitab yang diturunkan oleh Alloh kepada Rasulullah Saw melalui malaikat Jibril, saat Rasululloh Saw masih berumuran 40 hingga meninggal pada tahun 632, umat muslim menghormati kitab suci merupakan sebuah mukjizat terbesar Rasulullah Saw, dan merupakan dari seluruh wahyu yang telah di turunkannya Alloh sejak masa nabi Adam hingga nabi terakhir kita yakni Nabi Muhammad Saw, Kitab suci adalah sebuah petunjuk bagi manusia ke jalan yang lurus.

Al Qur’an yakni wahyu yang telah diturunkan nabi terakhir kita yakni Nabi Muhammad Saw yang dapat dijadikan sebagai pedoman maupun petunjuk bagi seluruh umat manusia. Pedoman maupun petunjuk ini yang dapat menuntun kita kejalan yang lebih baik serta mendapat kebaikan dan rahmat dari Alloh.

Nabi Muh Saw bersabda : Bacalah kitab Alloh, sesungguhnya ia bisa menjadikan pemberi syafaat saat hari kiamat bagi para pembacanya (Shahih muslim no 804).
Oleh sebab itu, jika kita tidak malas untuk membaca setiap surat dalam Al Qur’an, maka berapa manfaat yang sangat besar yang kita dapatkan bagi pembacanya. Jadi jangan bermalas untuk membaca kitab suci dan bahkan sebagaian orang merasa tidak ada waktu membacanya, padahal bagi pembaca maupun penghafal Al Qur’an akan mendapatkan pahala yang sangat besar sekali saudaraku.

Adab Dalam Membaca Al Qur’an

1. Ikhlas Karena Alloh
Dalil ini adalah hadits yang sahih dari Abu Hurairah ra bahwa :
Alloh SWT berfirman : Apa yang engkau lakukan dengan Al Qur’an ? Ia berkata : Aku menuntut ilmu serta mengajarkannya, dan aku membacanya karena-Mu (HR Muslim).

2. Berwundhu
Disunnahkan untuk berwudhu telebih dahulu jika ingin membaca kitab suci atau membacanya setelah mengerjakan sholat dari muhajir bin Qanfadz berkata :
Rasululloh Saw bersabda : sesungguhnya aku tidak suka menyembut nama Alloh kecuali dalam keadaan suci (Ibnu Majah 350).

3. Bersiwak
Nabi Muh Saw bersabda : Baguskanlah mulut-mulut kalian, sebab mulut adalah jalan Al Qur’an (Al Jami 3835).

4. Tempat Yang Suci
Rasululloh Saw bersabda : Sesungguhnya masjid-masjid itu adalah tempat untuk mengingat Alloh, sholat serta membaca kitab suci (HR Muslim).

5. Taawudz
Alloh SWT berfirman : Jika engkau membaca kitab suci, maka mintalah perlindungan kepada-Nya dari sayitan yang terkutuk ( An Nahl 98).

6. Merendahkan Suara di Tempat Umum
Rasululloh Saw bersabda : Janganlah engkau mengeraskan suara kepada orang lain saat membaca kitab suci (Ash Shaqir 1947)

7. Tadabbur dan Khusyuk
Al Qur’an yakni kitab suci di turunkan Alloh kepada Rasululloh dan di dalam memiliki kebaikan dan keberkahan, maka hendaknya kita memahami isi ayat-ayat tersebut.
Alloh SWT berfirman : ini adalah kitab yang Kami turunkan kepadamu yang penuh dengan suatu keberkahan agar mereka memperhatikan dalam ayat-ayatnya (QS Shaad 29).

Manfaat Membaca Al Qur’an Untuk Kehidupan

Berikut ialah manfaat dalam membaca ayat-ayat Al Qur’an.

1. Memperoleh Pahala Yang Besar
Rasulloh Saw bersabda : Bagi siapa membaca satu huruf saja dari kitab suci, maka ia akan memperoleh satu kebaikan dan di lipat gandakan menjadi 10 kebaikan (Sunan At Tirmidzi no 2910).

2. Menghapuskan Dosa
Sesungguhnya perbuatan yang baik akan menghapuskan dosa (perbuatan yang buruk) (QS Hud 114).

3. Ibadah Paling Agung
Bagi siapa menjalankan petunjuk-Ku, maka ia tak akan sesat dan tidak merugi di akhirat (QS Thaha 123).

4. Memberikan Syafa’at (Pertolongan)
Bacalah kitab suci, sesungguhnya ia akan menjadikan pemberi syafaat saat hari kiamat bagi para pembacanya (Shahih muslim no 804)

5. Menjadikan Manusia Lebih Baik
Rasululloh Saw bersabda : Sebaiknya kalian adalah orang yang telah mempelajari kitabullah serta yang mengajarkannya (HR Al Bukhari no 4739).

6. Memberikan Ketenangan dan Kedamaian
Ingatlah, hanya mengingat Alloh, maka hati akan menjadi tentram ( QS Ar Ra’d 13:28)

7. Memperoleh Derajat Lebih Tinggi
Sesungguhnya Alloh akan mengangkat derajat bagi hambanya yang beriman dengan adanya kitab kitab suci ini (Ibnu Majah no 218)

8. Sebagai Petunjuk Manusia
Rasulloh Saw bersabda : Sesungguhnya Al Qur’an ini terhubung di tangan Alloh dan ujung yang lain terhubung di tangan kalian, jadi pegang teguhlah Al Qur’an, maka kalian tidak tersesat maupun binasa ( Ibnu Hibban no,22,I/329).

9.  Penyembuhan Suatu Penyakit
Hendangnya engkau menggunakan kedua obat yaitu madu dan kitab suci (HR Ibnu Mas’ud).

10. Pelindung Dari Siksa Kubur
Bacalah ayat-ayat dalam kitab suci karena setiap ayat yang di baca akan mendapat suatu kebaikan, dengan kebaikan itu akan menjadi penolongmu dari siksa kubur (AT Tirmdzi 2892).

Itulah khasiat maupun manfaat membaca Al Qur’an setiap hari, dalam membaca Al Qur’an dapat dibaca di malam hari  sebelum tidur maupun di pagi hari sesudah menjalankan sholat, selain diatas manfaat lain dapat sebagai berikut :

11. Orang membaca kitab suci, akan selalu ingat kepada Alloh dan yang akan kembali kepada-Nya.

12. Orang membaca kitab suci, akan memberikan suatu motivasi dan penyemangat.

13. Orang membaca Al Qur’an, Alloh akan dekat dengan kita dan menegur diri kita di setiap ayat-ayatnya.

14. Orang membaca kitab suci juga akan memberikan ketenangan maupun kedamaian seperti di alami oleh Sayyid Quthb Rahimahullah.

15. Orang membaca kitab suci, akan merasa dalam kecukupan serta di beri nikmat dari Alloh.

16. Orang selalu membaca kitab suci, Alloh akan menjaganya sebagaimana telah mengaja ayat-ayat-Nya.

17. Orang yang dapat memahami Al Qur’an, orang yang akan memiliki banyak ilmu.
18. Orang selalu membacanya akan diberikan jiwa yang tenang, hati yang damai, pikiran yang jernih.

19. Orang yang selalu membacanya akan selalu berada dalam kegembiraan serta penuh harapan.

20. Orang yang selalu membacanya akan diberikan jalan kemudahan serta petunjuk baik dan menginggatkan kita tidak tersandung dosa maupun melakukan maksiat.

Manfaat Al Qur’an Bagi Kesehatan

Ternyata Al Qur’an juga memiliki manfaat bagi kesehatan dapat di jadikan suatu penyembuhan, berikut ini penjelasannya :

21. Terdapat banyak ayat di dalam kitab suci yang mengisyaratkan tentang peng0batan, sebab Al Qur’an tersebut diturunkan sebagai penawar maupun rahmat bagi orang mukmin.
Alloh SWT berfirman : Dan kami turunkan Al Qur’an yakni sebagai penawar serta rahmat untuk orang yang beriman (QS Al Isra 17:82).

22. Dalam ahli tafsiran nama lain Kitabulloh yakni Asysyifa artinya dalam terminologi yakni 0bat penyembuh.

Alloh SWT berfirman : Telah datang kepadamu kitabulah yang berisi tentang pelajaran dari Tuhanmu, dan juga sebagai 0bat penyembuh jiwa (QS Yunus 10:57).

23. Al Qur’an juga mengisyaratkan juga tentang peng0batan yang dapat kita jadikan sebagai sumber untuk membuat 0bat.

Alloh SWT berfirman : Dia telah menumbuhkan tanaman-tanaman untukmu seperti korma, madu, zaitu dan lainya, sesungguhnya terdapat tanda kekuasaan Alloh bagi orang yang mau memikirkanya (QS An Nahl 16:11).

Dokter yang bernama AL Qadhi yang melakukan penelitian di klinik besar di Florida berhasil telah membuktikan bahwa dengan membaca ayat Al Qur’an, seorang muslim dapat merasakan perubahan fisiologis, mendapat ketenangan jiwa, penurunan depresi dan dapat menangkal berbagai penyakit. Penemuan ini tidak sembarangan karena penelitian tersebut di tunjang dengan adanya bantuan peralatan medis yang dapat mendeteksi detak jantung, tekanan darah maupun ketahanan otot. Dalam laporan tersebut dari penelitian di sampaikan dalam konferensi kedokteran islam yang teletak Amerika Utara di tahun 1984 telah menyebutkan bahwa Al Qur’an bisa sebagai ketenangan jiwa dan dapat sebagai penyembuhan penyakit.

Selain itu juga, Al Qur’an juga dapat memberikan pengaruh besar kepada bayi. Hal tersebut di ungkapkan dalam seminar konseling maupun psikoterapi islam di tahun 1997 oleh seorang dokter perempuan bernama Nurhayati, bahwa bayi masih berusia 48 jam di dengarkan ayat dalam kitab suci dapat menunjukan respon tersenyum dan menjadikan bayi menjadi lebih tenang.

Al Qur’an bukan sebuah buku sains maupun sebuah buku kedokteran, melainkan Al Qur’an yakni juga dapat untuk sebagai penyembuhan suatu penyakit, yang diartikan bahwa suatu petunjuk  dalam kandunganya yang dapat membawa manusia pada kesehatan psikologis, spiritual hingga fisik. Manfaat Al Qur’an untuk kesehatan yakni dapat dilakukan dengan membaca dan memahami isinya, berdekatan dengan-Nya.

Alloh SWT berfirman : Dan jika dibacakan Al Qur’an, maka dengarkan sebaik-baiknnya dan perhatikanlah agar engkau mendapatkan rahmat (QS Al A’raf : 204).

Maka dapat kita simpulkan bahwa selain Al Qur’an sebagai ibadah bagi orang membacanya, ternyata juga dapat berpengaruh besar bagi kehidupan jasmani maupun rohani. Maka hendaklah kita selalu terbiasa membaca surah dalam kitab suci, karena di setiap surat yang di baca memiliki fadhilah, keutamaan maupun kesitimewaan yang besar. Demikian dari ketik membaca yang dapat kami sampaikan dalam kesempatan ini, semoga artikel yang berjudul tentang khasiat maupun manfaat membaca Al Qur’an untuk kehidupan sehari hari kami tuliskan dapat bermanfaat.