10 Manfaat Dahsyat Membaca Surat Al Falaq

Manfaat membaca surat Al Falaq – Assalamuallaikum semuanya, dalam kesempatan ini sedikit menuliskan tentang apa aja khasiat dari surah Al Falaq. Memang benar telah disebutkan dalam hadits nabi bahwa setiap surat dalam Al Qur’an memiliki fadhilah, keutamaan, keistimewaan maupun kehebatan yang luar biasa, salah satunya surah dalam Al Qur’an yakni Al Falaq yang memiliki kekuatan yang hebat.
10 Manfaat Dahsyat Membaca Surat Al Falaq
10 Manfaat Dahsyat Membaca Surat Al Falaq
Surah ataupun disebut dengansurat Al Falaq yakni surah ke 113 dalam Al Qur’an dan juga tergolong surah Makkiyah. Surah ini memiliki terdiri dari 35 ayat yang isinya mengandung sebuah perintah kepada seluruh umat muslim agar senantiasan meminta perlindugan Alloh dari segala keburukan.

Manfaat Dahsyat Membaca Surat Al Falaq

Surah tersebut disebut dengan Al Falaq sebab kata yang terdapat pada ayat awal, yang bermakna waktu subuh. Selain itu surat ini juga salah satu surah Al Mu’awwidzat yaitu surat pelindungan. Selain Al Falaq terdapat surat lain dalam Al Qur’an yang memiliki unsur pelindung An Naas maupun Al Ikhlas. Alloh SWT juga menyuruh hamba-Nya ataupun memberi arahan untuk orang beriman supaya senantiasa untuk selalu memohon perlindungan kepada Tuhan-Nya dari segala sesuatu keburukan maupun kejahatan yang ada, baik yang tersembunyi maupun yang nampak serta baik yang tidak di ketahui maupun di ketahuinya.

Perlu di ingat bahwa doa suatu permohonan kita pada Alloh terdapat tiga macam diantaranya

Istighatsah ialah doa suatu permohonan pada Alloh supaya membebaskan, melepaskan serta menyelamatkan kita dari segala hal buruk maupun berbahaya yang belum maupun yang sudah terjadi yang menimpa kepada kita.

Isti’adzah ialah doa suatu permohonan pada Alloh untuk melindungi diri kita, menghindarkan kita serta menjauhkan dari segala hal yang buruk ataupun mara bahaya yang mungkin saja bisa terjadi pada kita.

Isti’adzah yakni doa suatu permohonan pada Alloh supaya menolong ataupun memberikan kita suatu hal yang baik serta syar’i yang kita inginkan.

Ketiga macam doa permohonan diatas hanya boleh kita ditujukan kepada Alloh saja. Sebab rasululloh saw pernah bersabda bahwa : doa itu juga ibadah (HR Muslim).

Dalam surat Al Falaq bawasanya Alloh menyuruh kita sebagai makhluk yang lemah agar banyak melakukan isti’adzah kepada-Nya dari segala bentuk kejahatan maupun keburukan yang anda. Terdapat empat jenis kejahatan yang telah disebutkan dalam surah ini yakni :

Terdapat pada ayat kedua bahwa juga memerintahkan untuk memohon perlindungan-Nya dari segala keburukan serta kejahatan bersifat global. Yang mana karena setiap makhluk Alloh mempunyai sisi keburukan serta kejahatan disamping sisi kemanfaatan maupun kebaikan saat berinteraksi sesama yang lainya. Maka kita hendak memohon perlindungan kepada-Nya untuk menghindarkan diri dari segala sisi keburukan serta kehajatan.

Terdapat pada ayat ketiga bahwa Alloh telah memerintahkan kita untuk meminta perlindungan-Nya terhadap dari kejahatan malam, yang mungkin saja bisa terjadi kepada kita, karena tidak ada orang yang mengetahuinya apa yang akan terjadi nanti seperti kejahatan manusia, ataupun kejahatan dari mahkluk ghoib seperti syaitan,  jin maupun dari kejahatan yang lainnya.

Terdapat pada ayat keempat bahwa Alloh juga telah memerintahkan untuk memohon perlindungan dari segala kehajatan penyihir, seperti santet, guna-guna tenun, pelet dan lainya sebagainya yang merupakan kejahan tersembunyi. Oleh karena itu, kita dapat membuat perisai dari surat Al Falaq ini.

Terdapat pada ayat kelima bahwa Alloh telah menyuruh kita untuk memohon perlindungan dari kejahatan orang yang berupa dengki, disebutkan di akhir dari surah ini sebab dengki ialah termasuk kejahatan yang susah untuk di hindari. Seperti menmfitnah, menolak kebenaran, mencelakakan orang, kejahatan pandangan mata maupun kejahatan lainya.
Dari empat kejahatan yang terdapat isi dari kandungan surah ini, yang menyatakan bahwa kita hendak selalu berdoa untuk meminta pertolongan Alloh agar senantiasa terhindar dari empat kejahatan tersebut anda dapat melakukan amalan dengan surah Al Falaq ini.

Manfaat Dahsyat Membaca Surat Al Falaq

Lalu apa saja manfaat membaca surat Al Falaq, dengan melihat isi kandungan dari surah ini pasti anda sudah mengetahuinya bahwa surat ini ialah surah Mu’awwidzat yaitu surat pelindungan dari segala sesuatu keburukan maupun kejahatan, berikut ulasannya

1. Apabila surah ini dibaca sebanyaknya setiap hari sesudah mengerjakan shalat subuh dengan istiqomah, maka Alloh akan melindungi kita dari berbagai kejahatan maupun kemudharatan yang kita ketahui maupun yang tidak di ketahui. Seperti kejahatan manusia, kejahatan binatang buasa maupun kejahatan makhluk gaib seperti jin, sayitan dan kejahatan lainya.

2. Apabila kita membaca setiap malam sebanyaknya sebelum tidur, maka Alloh akan melindungi kita dari segala kejahatan malam seperti perampok, santet, teluh, guna-guna pelet, tenung dan lainya yang dapat membahayakan kita ketika kita sedang tidur.
Aisya ra juga pernah berkata bahwa : Rasululloh ketika ingin hendak tidur (sebelum tidur), beliau selalu membaca surah Mu’awwidzat yakni Al Falaq, An Nas, Al Ikhlas, kemudian beliau meniupkan kedua telapak tanganya, sesudah itu di usap pada tubuh serta kepala.

3. Rasululloh Saw pernah bersabda bahwa : Bagi siapa ingin mendapatkan suatu penjagaan Alloh dari orang berniat berbuat jahat maupun buruk pada kita. ingatlah Al Falaq ini, maka bacalah ayat tersebut, insyaAlloh Alloh akan menyelamatkan baginya dari segala tipu daya dari setiap penipu serta setiap orang-orang yang dengki (Ats Tsaqalayn 5/717).

4. Imam Muh Al Baqir sa juga pernah berkata bahwa : Siapa membaca surat Al Falaq kemudian membaca An Nas, maka dirinya seperti sudah membaca semua kitab suci yang telah diturunkan pada para nabi (Ats Tsaqalayn 5/717).

5. Imam Musa Al Kazhim sa juga berkata bahwa : Jika niat di baca surah Al Falaq 3x dengan An Nas 3x pada anak kecil pada tiap-tiap malam, kemudian dibaca Al Ikhlas 100x, maka Alloh akan menyingkirkan darinya suatu penyakit seperti penyakit lambung, darah maupun kehausan yang di derita anak kecil sampai ia baligh, namun sesudah ia baligh membaca sendiri, maka dirinya akan di jaga Alloh sampai ia wafat. (Ats Tsaqalayn 5/717).

7. Imam Ali Ar Ridha sa juga mengatakan bahwa : Aku dulu pernah melihat orang pingsan, kemudian Aku menyuruh orang membawakan gelas di isi air putih, lalu aku membaca Al Falaq, An Nas dan Al Fatihah diatas gelas tersebut dan meniupnya. Sesudah itu aku menyuruh orang untuk mengusapkan air itu pada wajah, kepalanya, tak lama kemudian orang tersebut bangun dari pingsanya, lalu aku berkata kepadanya : InsyaAlloh penyakit itu tidak akan kembali lagi kepadamu (Ats Tsaqalayn 5/718)

8. Sayyidina Ali bin Abi Tholib juga pernah berkata bahwa : Beliau rasululloh saw pernah di gigit kalajengking, lalu beliau kemudian mengambil air garam yang sudah dibacakan kedua surah yakni Al Falaq dengan An Nas lalu diusapkan terkena gigitan kalajengking tadi.

9. Umar bin Amir pernah bercerita : Bahwa ketika dalam perjalanan bersama rasul namun kami tersesat, lalu beliau membaca kedua surah dalam Al Qur’an yakni Al Falaq dengan An Nas, dan aku juga disuruh beliau untuk membacanya. Maksudnya adalah supaya kita tidak tersesat serta di lindungi Alloh dari segala keburukan maupun kejahatan baik tidak terlihat maupun dapat terlihat.

10. Terkadang kita sakit karena kehatan dari manusia ataupun dari syaitan, maka apabila terkena penyakit karena suatu perbuatan dari syaitan maupun karena manusia, maka bacalah kedua surah Mu’awwidzat (surat pelindung) yakni Al Falaq 41x, An Nas 41x, maka insyaAlloh penyakit tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Hubungan antara Surah An Naas dengan Al Falaq ialah :

Memiliki maksud yang sama yaitu untuk memperoleh perlindungan Alloh dari segala keburukan maupun kejahatan dari manusa, jin maupun lainnya. Dan berdoa adalah suatu bentuk ibadah juga kepada Alloh

Surah An Naas dengan Al Falaq sama mengajarkan kepada manusia bahwa hanya pada Alloh kita berserah diri serta memohon perlindungan dari segala keburukan ataupun kejahatan yang dapat di lihat maupun tidak bisa di lihat.

Demikian tulisan dari zonabia yang dapat kami sampaikan dalam pembahasan sekarang, surah ini sangat baik untuk di amalkan serta di hafalkan dan terkadang sedikit dari banyak orang belum tahu tentang fadhilah, keutamaan maupun keistimewaan dari surat Al Falaq. Semoga khasiat maupun manfaat membaca surat Al Falaq diatas dapat bermanfaat, dan terimakasih telah membaca.