8 Manfaat Membaca Surat Al Kahfi Pada Hari di Malam Jumat

Manfaat membaca surat Al Kahfi pada hari di malam jumat – Assalamuallaikum saudaraku yang sedang membaca artikel kali ini, dalam kesempatan ini kami akan membahas tentang apa saja khasiat maupun manfaat membaca surah Al Kahfi ayat 1-10 ? Bagi Anda yang belum mengetahui tentang fadhilah, keistimewaan maupun keutamaan surat Al Kahfi, maka luangkan waktu anda untuk membaca artikel yang baik sekarang ini. Kita dapat membaca surah Al Kahfi sebelum tidur ataupun untuk ibu hamil, namun surat Al Kahfi sangat bagus sekali apabila di baca pada hari jum’at. Lalu waktu yang baik membaca surah ini apakah pada waktu siang atau malam hari ? Untuk jawaban tersebut dapat disimak di bawah.

8 Manfaat Membaca Surat Al Kahfi Pada Hari di Malam Jumat
8 Manfaat Membaca Surat Al Kahfi Pada Hari di Malam Jumat
Sebelum membahas lebih jauh tentang khasiat ataupun manfaat membaca surat Al Kahfi apa saja, namun lebih dahulu menjelaskan sedikit tentang surah ini. Surat Al Kahfi atau bisa di sebut Ashabul Kahfi yakni surat ke 18 dalam Al Qur’an, dan surah tersebut terdiri dari 110 ayat yang termasuk golong surah Makkiyah. Lalu kenapa surat tersebut bisa disebut Ashabul kahfi ? Karena pada ayat 9 hingga 26 telah menceritakan tentang beberapa seorang pemuda yang sedang tertidur beberapa tahun lamannya.

Manfaat Membaca Surat Al Kahfi Pada Hari di Malam Jumat

Surah ini salah satu surat yang memiliki keagungan dan keutamaan yang sangat besar. Namun tidak sedikit dari banyaknya orang yang belum mengetahui tentang keutamaan tersebut. Dan banyak juga yang sedikit dari sebagian orang jarang membaca salah satu surat dalam Al Qur’an yakni Al Kahfi.  Surah ini di turunkan di kota mekkah pada saat sebelum Rasululloh Saw hijrah ke madinah. Surat ini di turunkan kepada Nabi Muh Saw setelah surat Al Isra’ maupun sebelum surat maryam.

Adapun khasiat maupun manfaat surat Al Kahfi akan di dapatkan oleh setiap umat muslim yang membacanya dengan niat ikhlas untuk mengharapakn rindho Alloh. Apalagi jika surah tersebut dibaca dan memahami isi kandungan dari surat-surat tersebut, maka pahala membaca sangat besar. Lalu apa saja khasiat maupun manfaat surat Al Kahfi apabila di bawa ketika hari jum’at ? Berikut penjelasan dari kami, dan semoga dapat bermanfaat.

Manfaat Membaca Surat Al Kahfi

1. Dari Rasululloh Saw
Rasululloh Saw pernah bersabda bahwa : Bagi siapa membaca surat Al Kahfi, maka pembaca surat tersebut akan terjaga selama 8 hari setiap fitnah Dajjal. Dan apabila Dajjal keluar disaat itu, maka Alloh akan menjaganya dari fitnahnya selama 8 hari (Nur Ats-Tsaqalayn 3:242) hadis bersumber dari Ubay bin Ka’b dari Nabi Saw.

2. Dari Rasullulloh Saw
Rasululloh Saw pernah bersabda bahwa : Bagi siapa membaca ayat 1-10 dari surah Al Kahfi, maka pembacanya tidak terkena bahaya dari fitnah-fitnah Dajjal. Dan apabila di baca seluruh ayat dalam surah tersebut, maka ia akan masuk surga (Nur Ats Tsaqalayn 3:242) hadist bersumber dari Sammarah bin Jundab dari Nabi Saw.

3. Dari Rasululloh Saw
Rasululloh Saw pernah bersabda bahwa : Apabila engkau menjumpai Dajjal, maka hendaklah ia membaca surah ini, karena surat tersebut akan menjagamu dari fitnahnya ( Dzikru Dajjal, IV/2250 no 2937).

4. Dari Rasululloh Saw
Rasululloh Saw pernah bersabda bahwa : Apabila dibaca surah Al Kahfi sebagaimana telah di turunkannya, maka ia akan menjadi cahaya baginya di hari kiamat, dari tempat tinggalnya sampai ke Mekkah (Amal Al Yaumi wa Al Lailati no 81).

Manfaat Membaca Surat Al Kahfi Hari Jum’at

Surah ini sangat bagus sekali apabila di baca secara istiqomah setiap hari jum’at, berikut manfaatnya :

5. Dari Rasululloh Saw
Rasululloh Saw pernah bersabda bahwa : Bagi siapa surah ini dibaca di hari jum’at, maka Alloh akan menyinari baginya dengan cahaya di antara dua jum’at (Al Baihaqi III/249 no 5792).

6. Dari Rasululloh Saw
Rasululloh Saw pernah bersabda bahwa : Bagi siapa membaca surah ini pada malam jum’at, maka baginya akan disinari cahaya antara ia dan Ka’bah (HR Ad Darini 3470).

7. Dari Rasululloh Saw
Nabi Muh Saw pernah bersabda bahwa : Bagi siapa surah ini dibaca pada malam jum’at, maka akan dipancarkan cahaya baginya sejauh darinya dan Baitul ‘atiq (Sunan Ad Darimi 3273).

8. Dari Rasululloh Saw
Rasululloh Saw pernah bersabda bahwa : Bagi siapa membaca hari jum’at, maka akan memancarkan sebuah cahaya dari bawah kakinya hingga ke langit, dan meneranginya pada hari kiamat, dan akan di ampuni dosanya antara dua jum’at (At Targhib wa Al Tarhib 1/298).

Itulah beberapa khasiat ataupun manfaat membaca surat Al Kahfi. Lalu kapan waktu membaca surat Al Kahfi ? Dari beberapa hadits diatas Rasululloh Saw menyebutkan bahwa membaca surat tersebut saat di malam jum’at dan di hari jum’at. Jadi surat tersebut dapat dibaca mulai terbenamnya matahari pada hari kamis hingga waktu maghrib hari jum’at.
Al Munawi mengatakan bahwa : Dianjurkan membaca surat tersebut di hari jum’at maupun malam harinya, sebagaimana tersebut telah di tegaskan oleh as Syafii (Faidhul Qadir 6/257).
Jadi dapat kita simpulkan bahwa tidak ada waktu khusus untuk membaca surat Al Kahfi, jadi Anda dapat membaca surat tersebut selama hari jum’at mulai dari terbenamnya matahari pada hari kamis hingga waktu maghrib hari jum’at.

Dalam surah Al Kahfi memiliki empat kisah diantaranya :

Cerita pertama (Ujian agama) : Kisah tentang sekelompok anak muda yang beriman kepada Alloh yang hidup di masa zalim, mereka menolak ajaran islam, hingga di kejar sampai bersembunyi di gua dan tertidur selama 309 tahun dan bangkit kembali setelah negeri ini sudah berubah atas pertolongan Alloh (ayat 14-18)

Cerita kedua (Ujian harta) : Kisah tentang seorang shohibul jannatain yang sudah diberi nikmat Alloh, akan tetapi ia mengingkarinya serta melupakan Alloh, karena terlena dengan harta (ayat 32-42)

Cerita ketiga (Ujian ilmu) : Kisah tentang Nabi Musa dan Khidir, ketika ditanya oleh kaumnya tentang siapa orang paling pintar di bumi ini ? Nabi Musa menjawab dirinya orang paling pintar, akan tetapi Alloh mengingatkan bahwa terdapat orang lebih pintar darimu yaitu Nabi Khidir, Nabi Musa pun menuntun ilmu pada Nabi Khidir, namun Nabi Musa tidak tahan oleh sikap Nabi Khidir (ayat 62-70)

Certa keempat (Ujian kekuasaan) : Kisah tentang seorang raja bernama yang memiliki kekuasaan yang dapat melakukan apa saja yang di inginkannya, menyebar fitnah serta melakukan kezaliman (ayat 95).

Dari keempat fitnah maupun ujian diatas akan terjadi ketika Dajjal akan bangkit :
Pertama : Dajjal akan melakukan perbuatan zalim seperti pemaksaan kepada orang beriman untuk melupakan Tuhan mereka, dan Dajjal akan mengaku dirinya sebagai Tuhan yang harus disembah, ini ialah ujian agama (fitnah al-din)

Kedua : Sebelum Dajjal datang, akan terdapat kemarau yang panjang selama 3 tahun, disaat itulah Dajjal akan datang dan memenuhi apa saja bagi orang yang mengikutinya seperti menurunkan hujan, menyuburkan tanaman dan lain sebagainya, ini ialah ujian harta (fitnah al-maal)

Keetiga : Dengan kepintaranya Dajjal dapat menghasut orang – orang yang tidak beriman sehingga dapat mempercayainya, ini ialah ujian ilmu (fitnah al ‘ilm)

Keempat: Dengan kemampuan sihir yang di miliki Dajjal yang tidak di miliki oleh manusia bisa, maka Dajjal memiliki kekuasaan penuh yang dapat memaksa kehendaknya kepada orang tidak beriman, ini ialah ujian kekuasaan (fitnah al-sulthoh).

Itulah empat fitnah yang akan datang ketika Dajjal bangkit. Oleh sebab itu, Rasululloh Saw telah memberikan peringatan kepada semua agar tidak terjerumus dari fitnah Dajjal, Rasululloh Saw juga menyebutkan bahwa apabila bertemu dengan Dajjal, maka bacalah salah satu surat dalam Al Qu’ran surat tersebut akan menyelamatkanmu dari fitnahnya yaitu surat Al Kahfi, jika engkau selamat dari fitnah Dajjal, maka jika engkau mati di tangan Dajjal, maka Alloh akan mencatat sebagai mati syahid.

Demikian zonabia yang dapat kami sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga artikel yang di tuliskan dalam kesempatan ini, akan menambah pengetahuan, dan yakinlah bahwa Dajjal akan bangkit ke dunia ini. Sekian mengenai khasiat maupun manfaat membaca surat Al Kahfi pada hari di malam jumat, dan semoga dapat memberikan wawasan.