4 Manfaat Membaca Surat Thaha Ayat 1-5 dan 39

Manfaat membaca surat thaha ayat 1-5 dan 39 – Assalamuallaikum kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia, semoga tetap diberi kesehatan selalu. Dalam tulisan sekarang ini kitab baca akan sedikit membahas tentang apa saja khasiat maupun manfaat membaca surat taha ayat 1-5 dan 39. Memang setiap surat dalam ayat Al Qur’an memiliki fadhilah, keistimewaan, keutamaan maupun hikmah yang luar biasa apabila kita membaca secara istiqomah. Salah satu tentang surah dalam ayat Al Qur’an yang satu ini yakni surat thoha.
4 Manfaat Membaca Surat Thaha Ayat 1-5 dan 39
4 Manfaat Membaca Surat Thaha Ayat 1-5 dan 39
Surah atau disebut dengan surat taha yakni surah ke 20 di dalam Al Qur’an, surah yang terdiri dari 135 yang termasuk dari golongan surat Makkiyah, surah di namai taha karena di ambil dari ayat pertama surah ini, dari banyaknya ayat dari surah thaha yang banyak diamalkan yaitu surah thaha ayat 1-5 dan 39 karena ayat tersebut memiliki fadhilah yang sangat luar biasa salah satu manfaat membaca surat thaha ayat 1-5 juga dapat digunakan untuk melembutkan hati yang keras. Mungkin Anda penasaran kenapa surat taha ayat 1-5 dapat melembutkan hati orang yang keras ? Hal tersebut dikarenakan dari kisah yang ada di jaman dahulu.

Manfaat Membaca Surat Thaha Ayat 1-5 dan 39

1. Melembutkan Hati Yang Keras (Thaha ayat 1-5)
Mungkin saudaraku tahu siapa Sayyidina Umar Al Khattab ra ? Ya mungkin sudah tau, beliau merupakan orang Quraisy orang yang di segani saat itu, di saat itu beliau belum memeluk agama islam, dan orang yang keras hatinya yang selalu menentang Rasullulah Saw. Namun ketika beliau membaca dai surah thaha ini hatinya yang dahulu keras yang selalu menentang Rasulullah Saw kini menjadi luluh, dan beliau pun kemudian memeluk agama islam. Dari kisah tersebut surat taha kini banyak di jadikan suatu amalan yang bertujuan dapat melebutkan hati yang keras hatinya.

Kisah ini bermula ketika Sayyidina Umar Al Khattab belum memeluk agama islam, beliau memiliki sifat yang garang, maka di saat itu beliau disegani banyak orang. Banyak orang yang takut terhadap beliau, hampir semua orang Quraisy tunduk kepada Umar Al Khattab.
Pada saat itu Rasullulah Saw menyebarkan ajaran islam di masyrakat Quraisy, namun Umar Al Khattab selalu menentang ajaran rasullulah dan mempertahankan ajaran dari masyarakat Quraisy. Disaat itu Sayyidina merupakan orang yang kuat menentang ajaran rasullulah Saw, menurut beberapa pendapat bahwa di masa itu Sayyidina memiliki fikiran untuk mem-bunuh Rasulullah, karena adiknya telah memeluk islam.

Akan tetapi di perjalanan Sayyidina Umar bertemu dengan seseorang yang mengatakan jika engkau ingin mem-bunuh rasullulah Saw, engkau harus membunuh adik km sendiri terlebih dahulu karena ia telah berhianat. Disaat itu Sayyidina umar bingung karena beliau sangat sayang terhadap adiknya. Sayyidina Umar pun pergi  menemui adiknya ke rumah untuk melihatnya. Namun setelah tiba di rumah beliau melihat suara merdu orang yang sedang membaca Al –Qur’an ternyata yang beliau lihat adiknya sendiri yang membaca Al Qur’an tersebut, beliau sangat marah sekali, dengan sepontan beliau langsung memukul fatimah dengan keras hingga luka. namun rasa sayang Sayyidina Umar kepada adiknya sangat besar, beliau tidak tega melihat adiknya terluka apalagi beliau harus mem-bunuh adiknya dengan tanganya sendiri, hingga pada akhirnya beliaupun memustuskan untuk tidak mem-bunuh adiknya dan meminta maaf kepadanya. Sebagai gantinya Sayyidina Umar mau untuk mendengarkan fatimah membaca Al-Qur’an, saat itu adiknya sedang membaca surat thaha ayat 1-5. Mukjizat pun datang kepada Sayyidina Umar, beliau tersentu hatinya setelah mendengarkan adiknya yang sedang membaca surah taha tersebut. Hingga pada akhirnya Sayyidina Umar memeluk agama islam dan berjanji untuk membela Islam hingga mati.

Islamnya Saidina Umar pada tahun keenam kenambian Rasullulah Saw, dimasa itu beliau sedang berumurah muda yaitu 27 tahun. Tindakan Umar yang memeluk islam benar telah menggemparkan orang-orang Quraisy, hal tersebut karena dulu Sayidina Umar yakni penentang kuat ajaran islam. Dari sebuah Hadits di riwayatkan At Thabarani serta dari Hadis Ibnu Abbas : Malaikat jibril datang dan beseru kepada Rasullulah : Ya Muhammad, sesungguhnya semua mahkluk yang ada di langit bergembira dengan islamnya Saidina Umar.

Kemudian Rasullulah Saw pun menggelarkan Umar sebagai Al Faruq, hal tersebut dikarenakan Umar dapat membedakan peraka yang bathil atau perkara yang benar. Ketika ditanya oleh orang-orang, bagaimana engkau mendapatkan gelar itu. Beliau pun menjawab : Pada suatu hari aku bertanya kepada Rasullullah Saw :

Ya Muhammad, adakah kita dalam kebenaran.

Nabi Muh Saw menjawab pertanyaan dari Umar : Benar.

Umar berkata kembali : Kenapa kita beribadah secara sembunyi-sembunyi.

Lalu kita pun masuk ke dalam Masjidil Haram dan mengerjakan sholat disitu, disaat itu semua orang Quraisy melihat kearah kami dengan pandangan mata yang sangat marah. Saat itu rasulullah Saw menggelarkan Al Faruq kepada ku. Dengan islamnya umar dimasa itu, maka umat islam yang dahulu mengerjakan sholat secara sembunyi-bunyi sekarang terang-terangan, karena mereka tidak merani menggangu orang islam ketika mengerjakan shalat karena takut kepada saidina Umar. Dari kisah tersebut surat thaha ayat 1-5 dijadikan sebuah amalan yang dapat melembutkan hati yang keras. Lalu bagaimana cara mengamalkan untuk melembutkan hati yang keras ?

Caranya niatkan dalam hati kemudian bacalah surah toha ayat 1-5 3x banyaknya di telinganya kepada orang yang keras hatinya saat dia sedang tidur, maka insyaAlloh orang yang keras hatinya lama-lama akan menjadi luluh.

2. Dicintai dan Disayangi Semua Orang ( surat thaha ayat 39)
Selain khasiat maupun manfaat membaca surat thaha ayat 1-5 diatas dapat melembutkan hati yang keras, surah thahat ayat 39 juga memiliki manfaat dapat dicintai ataupun disayangi semua orang. Oleh sebab itu, apabila Anda ingin dicintai maupun disayangi oleh semua orang, maka bacalah surat ini tiap-tiap sehabis sholat, maka insyaAlloh orang disekit akan lebih sayang kepada Anda. Dan surat taha ayat 39 ini juga sering dijadikan sebagai amalan pengasihan kegunaanya untuk memikat hati orang yang di tuju. Biasanya amalan ini digabungan dengan surah yusuf ayat 4.

3. Kelancaran Rezeki
Rezeki itu datangnya dari Alloh, tanpa berusaha dan berdoa maka rezeki tidak akan datang secara sendiri, oleh karena itu, jika Anda sudah berusaha, maka perbanyak berdoa kepada Alloh, salah satu Anda dapat membaca surah toha setiap pagi hari, maka isya Alloh akan dapat kemudahan dalam mencari rezeki dan keberkahan (Kitab Amal Yaum Wa Lailah hal 282).

4. Dipenuhi Hajatnya
Memang setiap manusia pasti memiliki suatu keinginan, keinginan itu ada dua macam yang tidak mustahil maupun yang mustahil terjadi, apabila Anda memiliki suatu keinginan yang tidak mustahil, maka berdoalah pada Alloh agar keinginan yang tidak mustahil akan tercapai. Oleh sebab itu, jika Anda memiliki suatu permohonan pada Alloh namun belum dikabulkan maka, perbanyaklah membaca surat thaha ini setiap hari, maka insyaAlloh akan di penuhi hajatnya.

Demikian ketik membaca hari ini yang dapat kita sampaikan, semoga khasiat dan manfaat membaca surat thaha ayat 1-5 dan 39 diatas dapat bermanfaat bagi semua, sebenarnya banyak sekali fadhilah, keutamaan, keistimewaan maupun hikmah membaca surah taha setiap hari.