17 Manfaat Membaca Surat Al Kautsar Untuk Setiap Hari

Manfaat membaca surat al kautsar setiap hari – Assalamualaikum saudaraku, dalam kesempatan ini akan mengulas tentang surah Al Kautsar. Sebenarnya fadhilah, keistimewaan maupun keutamaan dari surat Al Kautsar sangat banyak, mungkin sedikit dari dari banyak orang juga masih belum juga mengetahuinya. Namun sebelum membahas tentang apa saja khasiatnya, maka marilah terlebih dahulu mengenal sedikit tentang surah ini.
17 Manfaat Membaca Surat Al Kautsar Untuk Setiap Hari
17 Manfaat Membaca Surat Al Kautsar Untuk Setiap Hari
Surah ataupun disebut dengan surat Al Kautsar ialah surah ke 108 di dalam Al Qur’an dan surat tersebut golongan surat Makkiyah yang di turunkan di Makkah. Surah ini merupakan salah satu surah dalam Al Qur’an yang mudah di hafalkan, karena hanya terdiri dari 3 ayat saja. Walaupun begitu surah ini memiliki banyak rahasia yang luar biasa yang telah di jelaskan dalam Al Qur’an maupun hadits nabi.

Manfaat Membaca Surat Al Kautsar Untuk Setiap Hari

Banyak ulama tafsir memberikan sebuah pendapat bahwa makna arti kata Al Kautsar ialah sungai di surga, telaga nabi di mahsyar, ilmu dan Al Qur’an, agama islam, kenabian, ilmu fiqh, kewajiban sholat lima waktu, perkara agung, kalimat syahadat, syafa’at. Dari pendapat para ulama tersebut yang paling kuat makna arti Al kautsar ialah sungai di surga. Hal tersebut berdasarkan beberapa hadits yang menyatakan bahwa :

Dari Anas berkata bahwa : ketika Rasululloh tengah khantuk, beliau tiba-tiba mengangkat kepalanya kemudian tersenyum, lalu kami bertanya : Apa yang membuat engkau tersenyum, wahai rasululloh ? Beliaupun menjawab : tadi telah turun kepadaku sebuah surat, kemudian belum membaca surah tersebut. Lalu beliau bertanya : Apakah engkau mengetahui apa Al Kautsar ? kami menjawab : Alloh serta rasul-Nya lebih mengetahui. Kemudian beliau bersabda : Al Kautsar ialah sungai telah dijanjikan oleh Rabb-Ku, sungai itu mempunyai kebaikan yang besar, ia merupakan telaga yang akan di datangi oleh umat-umatku di hari kiamat, bejana di telaga itu sejumlah bintang di langit. (HR Al Baihaqi 2/63).

Manfaat Membaca Surat Al Kautsar

1. Hutang Cepat Lunas
Jika memiliki suatu hutang, maka bacalah 313x secara istiqomah sesudah shalat lima waktu, dan usahakan dengan ikhlas pada hari jum’at pagi beramal pada anak yatim, nilainya tergantung semampu kita. Maka insyaAlloh hutang akan cepat lunas, karena Alloh akan melancarakan rezeki kita.

2. Dapat Bertemu Rasululloh Dalam Mimpi
Jika surah ini dibaca 1000x bersamaan dengan membaca shalawat nabi 1000x di malam jum’at, maka atas izin Alloh dapat bertemu dengan Nabi Muhamaad Saw.

3. Memohon Sebuah Hajat
Apabila memiliki sebuah hajat, maka berdoalah kedapa-Nya dengan Al Kautsar, caranya ketika turun hujan bacalah surat Al Kautsar, sesudah itu berdoalah, insyaAlloh doa akan lebih mustajab sehingga di ijabah oleh Alloh.

4. Untuk Menjaga Kesehatan
Apabila ingin tubuh tetap sehat setiap hari, selain melakukan aktifitas olah raga, maupun menjaga makananya yang berbahaya, maka kita juga dapat mengamalkan wirid dari surah Al Kautsar ini dengan cara bacalah 41x secara istiqomah setiap hari, maka insyaAlloh tubuh kita akan tetap sehat.

5. Menghilangkan Rasa Haus
Bagi Anda yang sedang berpergian jauh untuk berlibur, tetapi di tengah perjalannya merasa haus, namun disaat itu tidak ada air untuk diminum. Maka cobalah membaca surah ini, kemudian tiup pada tangan kanan anda, sesudah itu gosoklah ke leher anda, insyaAlloh rasa haus akan tidak terasa lagi, walaupun anda belum meminum air.

6. Rezeki Seret
Apabila merasa rezeki anda seret, maka cobalah mengamalkan surah Al Kautsar 11x di pagi hari sebelum anda bekerja, wirid ini sangat baik jika diamalkan oleh pedagang agar hasil di peroleh memuaskan.

7. Melancarkan Rezeki dan Kedudukan
Menurut syekh Ya’kub berkata bahwa : apabila ingin rezeki lancar ataupun memperoleh suatu kedudukan, maka bacalah Al Kautsar 212x tiap-tiap hari secara istiqomah, maka insyaAlloh akan tercapai.

8. Dapat Membangunkan Tidur
Bagi anda ingin bangun tidur pada jam tertentu, maka bacalah Al Kautsar ini 7x di dasari niat yang baik, maka insyaAlloh akan bangun pada waktu yang di inginkan. Karena saya sering mengamalkan amalan ini ketika ingin mengerjakan sholat tahajjud malam.

10. Agar Hati Selalu Tentram dan Tidak Gelisah
Apabila surah Al Kautsar dibaca setiap hari, maka akan membuat hati kita menjadi lebih tentram, damai dan selalu bersemangat.

11. Lawan Musuh Menjadi Takut dan Tunduk
Jika kita bertemu dengan orang yang memusuhi kita ataupun membenci kita, sebelum bertemu bacalah 11x, maka orang tersebut akan menjadi tunduk kepada Kita, atas perlindungan Alloh.

12. Sebagai Terapi Penyakit
Apabila ada keluarga, teman atau saudara sedang sakit, bacalah surah ini pada gelas yang berisi air putih, lalu minumkan pada orang tersebut, insyaAlloh atas izin-Nya sakit yang di derita akan lekas membaik dan sembuh.

13. Agar Selalu di Cintai dan Di Sayangi Suami / Istri
Jika anda ingin selalu dicintai maupun di sayangi suami / istri, maka sering-sering mengajak pasangan anda untuk mengerjakan sholat malam tahajjud dan  bacalah surah Al Kautsar ini, maka insyaAlloh akan memperoleh keluarga yang  sakinah mawadah warohmah, sehingga suami isteri akan senantiasa saling menyayangi, dan tidak akan terjadi peselingkuhan.

14. Menemukan Letak Sihir
Apabila anda merasa di dalam rumah ada terdapat sihir, maka bacalah 10x dari surah Al Kautsar ini dengan mata tertutup, insyaAlloh dengan pandangan itu, anda akan menemukan letak sihir tersebut.

15. Menolong dari Tuduhan Fitnah
Apabila anda tidak bersalah, namun di tuduh hingga dianiaya dan di masukan ke penjara, maka bacalah surah ini 71, insyaAlloh, Alloh akan menolong hamba-Nya yang tidak bersalah dan mengungkapkan kebenarannya.

16. Penyembuhan Penyakit Kulit
Apabila terdapat keluarga anda yang menderita sakit kulit seperti gatal dan lainya akan tetapi tidak kunjung sembuh, maka siapkan wadah kemudian isikan air tawar ke dalam wadah tersebut, lalu bacalah Al Kautsar 11x, sesudah itu sapukan pada bagian kulit yang sakit, maka dengan berjalanya waktu penyakit kulit akan lekas sembuh atas izin-Nya.

17. Dapat Meminum Air Sungai di Surga
Imam al baidhawi berkata bahwa : bagi siapa membaca Al Kautsar, maka Alloh memberikan minuman air dari sungai di syurga, serta dituliskan dalam 10 kebaikan dengan hitungan tiap hewan kurban di hari idul adha, (pendapat juga serupa pada kitab tartib al amali al khomisiyah dari imam asy syajari 128).

Itulah beberapa khasiat dari Al Kautsar, apabila ingin mendapatkan manfaatnya, hal tersebut tergantung dari niat pembacanya. Berikut yakni terjemahan dari Al Kautsar :

1. Sesungguhnya Kami sudah memberikanmu nikmat-nikmat yang banyak.
Yang dimaksud : kita hendak selalu bersyukur, karena Alloh telah memberikan nikmat-nimkat banyak kepada rasululloh hingga seluruh umatnya.

2. Maka hendaklah dirikanlah sholat kepada-Nya dan berkorbanlah
Yang di maksud : sebuah perintah untuk mengerjakan kewajiban kita serta hendaklah untuk berkorban itu sama halnya meminjamkan kepada Alloh harta di jalan fiisabilillah

3. Sesungguhnya orang-orang yang telah membencimu dialah yang terputus.

Yang di maksud : bagi siapa membenci Rasululloh serta umatnya, maka akan terputus berbagai kenikmatan, sebab jiwa orang memusuhi sesama muslim maupun orang kafir terhadap orang islam, maka jiwa mereka akan sering tidak tenang.

Demikian dari ketik membaca yang dapat kami sampaikan dalam pembahasan kali ini tentang khasiat maupun manfaat membaca surat Al Kautsar setiap hari, walaupun surah Al Kautsar terdiri dari 3 ayat saja namun fadhilah, keutamaan maupun keistimewaan yang sangat besar, bahkan makna dan hikmah dari surah ini dapat kita petik, dan terimakasih telah meluangkan waktu membaca, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua.