10 Manfaat Luar Bisa Membaca Surat Al Hasyr Ayat 21-24

Manfaat membaca surat Al Hasyr ayat 21-24 – Assalamuallaikum para sahabatku, pada kesempatan berbahagia ini kami masih diberi kesempatan untuk berbagi kembali sesama kaum muslim. Kali ini ketik membaca akan menulisan tentang apa saja fadhilah, khasiat maupun manfaat membaca surat Al Hasyr ayat 21-24 terakhir ? Bagi pembaca yang belum mengetahui maka bacalah artikel ini sampai selesai, karena sungguh sangat luar biasa manfaat yang akan kita dapatkan apabila mau mengamalkan sebagai wirid setiap hari.

Surah atau kita dapat menyebutkan sebagai surat Al Hasyr yakni surah ke 59 di dalam isi Al Qur’an, surat ini tergolong surah madaniyah yang memiliki 24 ayat. Surah ini turun berkenaan dengan kisah bani Nadhir pada tahun keempat dari Hijriyah. Perang bani Nadhir terjadi setelah perang Uhud dan sebelum perang Ahzab. Pada kisah tersebut bahwa rasululloh bersama sahabatnya pergi ke bani Nadhir. Setelah tiba disana, mereka menyambut rasululloh dengan gembira, akan tetapi beberapa orang menyendiri untuk mengatur cara agar dapat menyingkirkan beliau tersebut. Namun Alloh pun maha mengetahui segalanya, sehingga rosululloh mendapakan ilham tentang makar mereka ini.

Manfaat Luar Bisa Membaca Surat Al Hasyr Ayat 21-24

Beliaupun memerintahkan kepada sahabatnya agar bersiap untuk memerangi bani Nadhir, sebab mereka melakukan penghiyanatan serta membatalkan ikatan perjanjian damai antar rasululloh Saw. Jika ditulis dari kisah maupun cerita dari surat Al Hasyr sangat panjang sekali tentunya, maka dalam kesempatan ini kami hanya menulis dari ayat terakhirnya saja yakni manfaat surat Al Hasyr ayat 21-24, karena agungnya isi dari kandungan ayat tersebut.

Manfaat Luar Bisa Membaca Surat Al Hasyr Ayat 21-24

Maka tidak diragukan lagi, apabila ayat terakhir dari surah Al Hasyr memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita. Bahkan terdapat testimoni bahwa surah ini dapat membantu dalam menyembuhakan suatu penyakit yang berhubugan dengan bakteri ataupun virus atas izin Alloh Ta’ala. Lalu apa saja manfaat membaca surat Al Hasyr ayat 21-24 ? Berikut penjelasannya.

1. Di Jauhkan dari Gangguan Saitan
Sahabat rasul pernah berdialog pada Jin : Hai jin, maukah engkau memberitahu kepada kami surah apa yang mampu melindungi kami dari gangguan jin, sesungguhnya terdapat surah yang dapat melindungi kalian dari gangguan kami dalam Al Qur’an salah satu ialah surah Al Hasyr (HR Ibnu Marduwaih).

2. Menghapus Kesalahan Yang Sudah Dilakukan
Beliau bersabda : Bagi siapa sempat membaca surat tersebut di ayat terakhir, kalau dia meningga saat siang maupun malam,  maka Alloh berkenan menghapus kesalahan yang telah di perbuatnya (HR Ibnu Marduwaih).

3. Sebagai Obat Segala Penyakit Kecuali Kematian
Nabi Muh Saw bersabda : Malaikat jibril ketika itu menurutkan salah satu surah dalam Al Qur’an yakni surah Al Hasyr, jibril berkata kepadaku : wahai rasul, letakanlah tangan kamu itu di atas kepalamu, karena, sesungguhnya ayat ini akan menjadi penyembuh segala penyakit kecuali kematian (HR Khatib Al Baqhadadi).

4. Doa Menjadi Mustajab
Rasullulah Saw bersabda : apabila engkau memiliki suatu keinginan sesuatu pada Alloh namun belum di ijabahi, maka hendaklah dia setiap permohonanmu pada-Nya bacalah surah ini, maka doamu akan lebih mustajab.

5. Meninggal Keadaan Sahid
Beliau rasulullah Saw pernah memerintahkan seseorang laki-laki tua yang sudah tidak berdaya di tempat tidur untuk sempat membaca surat tersebut pada ayat terakhir, beliau bersabda :Wahai umatku, apabila ajal menjemput, maka engkau akan dicatat dalam keadaan mati syahid (HR Ibnu Sunni).

6. Memohon Hajat
Ketika itu rasulullah Saw bertemu seorang sahabat bernama Baro’ bin Azib ra, sahabat rasul itu berkata kepada beliau : Ya rasul maukan engkau memberitahuku agar doaku segera di ijabah oleh Alloh ? Beliaupun menjawabnya : Apabila engkau ingin doa mu akan menjadi mustajab, maka bacalah 10 pertama dari surat Al Hadid kemudian bacalah surat Al Hasyr pada ayat terakhir (HR Ali Abdur Rahman).

7. Mendapat Jalan Masuk Surga
Nabi Muh Saw bersabda : Apabila ada orang sakaratul maut maka tuntunlah ia membaca ayat terakhir dari surah tersebut sebab, kalau ia meninggal, maka ia dapat masuk syurga karena ia mati dalam keadaan syahid.

8. Menggantikan Amalan Yang Terlewatkan
Beliau rasullulah Saw bersabda kepada sahabatnya : Jika engkau membaca surah Al Hasyr ketika di pagi hari, maka engkau sudha mengejar amalan yang telah engkau lewatkan pada malam harinya, dan apabila dibaca sore hari, maka engkau telah mengejar amalan yang engkau lewatkan siang hari (HR Ibnu Dhoris).

9. Penyelamat Siksa Kubur
Nabi Muhammad bersabda : wahai umatku sempatkanlah membaca surat ini tiap-tiap malam sebelum engkau tertidur, karena agungnya surah ini kelak akan menjadi penyelamatmu dari siksa kubur.

10. Untuk Keselamatan Dunia
Beliau rasulullah Saw pernah bersabda bahwa : barang siapa membaca surah tersebut pada ayat terakhir ini sebanyak 3x ketika pagi hari, maka 70.000 malaikat akan ikut mendoakan keselamatan baginya hingga sore tiba, dan jika ia meninggal di siang itu, maka ia akan di catat sebagai mati syahid, dan barang siapa membaca surah Al Hasyr ayat terakhirini di sore hari, dan jika ia meninggal di malam itu, maka ia juga akan dicatat sebagai orang yang mati dalam keadaan sahid (HR Tirmidzi).

Mungkin itu yang dapat kami sampaikan tentang manfaat maupun khasiat membaca surat Al Hasyr ayat 21-24 terakhir diatas, lalu bagaimana bacaan dari surah tersebut, berikut ulasannya :

Bacaan surat Al Hasyr ayat 21-24 bahasa arab berserta latinnya :

10 Manfaat Luar Bisa Membaca Surat Al Hasyr Ayat 21-24

10 Manfaat Luar Bisa Membaca Surat Al Hasyr Ayat 21-24
10 Manfaat Luar Bisa Membaca Surat Al Hasyr Ayat 21-24
Terjemahan Artinya :
Bila mana gunung yang tinggi itu di turunkannya  Al Quran, Engkau pasti melihat  tunduk terpecah-belah, karenakan takut pada Alloh. Dan seumpama tersebut Kami untuk manusia, agar mereka bisa berpikir. Bahwa Dia-lah Yang tiada berhak disembah kecuali Alloh, Yang dapat mengetahui mana yang nyata maupun mana yang gaib, Dia-Lah Yang Maha Pemurah serta Maha Penyayang.

Dia-lah Yang tiada berhak disembah kecuali Alloh, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang memiliki Segala keagungan, Yang maha raja, Yang Mengaruniakan keamanan, Yang maha perkasa, Yang maha kuasa, Yang maha memelihara.

Maha Suci Alloh, dari apa yang mereka persekutukan. Alloh-Lah Maha membentuk rupa, Maha mengadakan, Maha menciptakan, Maha miliki Nama-Nama baik. Bertasbihlah Kepada-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan Dia-lah Maha Perkasa, lagi Maha Bijaksana (QS : Al Hasyr ayat 21-24)

Demikian beberapa pembahasan yang dapat kami sampaikan dalam kesempatan ini, sungguh luar biasa fadhilah dari manfaat dari surah Al Hasyr ayat 21-24 diatas, semoga surat Al Hasyr banyak diamalkan oleh pembaca dan dapat dijadikan sebagai wirid setiap hari setelah sholat fardhu.