10 Manfaat Dahsyat Membaca Surat Ar Rahman Setiap Hari

Manfaat membaca surat Ar Rahman setiap hari - Assalamualikum, semoga tetap diberikan kesehatan bagi kita semua. Dalam pembahas saat ini akan membahas tentang khasiat surat Al Rahman, memang terdapat banyak sekali keutaman, fadhilah maupun keisimewaan surat di dalam Al Qur’an salah satu ialah surat Ar Rahman. surat ar rahman ialah surah yang ke 55 dalam kitab suci Al Qur’an yang tergolong dalam surah makkiyah. Surah ini terdapat 78 ayat. Ar Rahman yang artinya Maha Pemurah dan sebagian besar surat yang menerangkan kemurahaan Alloh kepada hamba-Nya yaitu dengan cara Alloh memberikan suatu nikmat-nikmat.
10 Manfaat Dahsyat Membaca Surat Ar Rahman Setiap Hari
10 Manfaat Dahsyat Membaca Surat Ar Rahman Setiap Hari
Di dalam surat Ar rahman terdapat 31 kali kalimat berulang yaitu Fa-biayyi alaa’i Rabbi kuma tukadzdzi ban terjemahan artinya “Maka nikmat Tuhanmu yang manakah engkau dustakan ? Melalui ayat ini sebenarnya Alloh telah memberi sinyal oleh kita atas sifat kita yang pelupa, tidak ingin berfikir dan kufur nikmat.

Manfaat Membaca Surat Ar Rahman Setiap Hari

1. Manusia Adalah Mahkluk Pelupa
Tekadang manusia lupa oleh apa yang di berikan Alloh kepada kita, sebagai contoh di karunia rezeki berlimpah oleh Alloh melalui usahanya, mereka berfikir bahwa kesuksesan itu ialah hasil kerja kerasnya sendiri, namun ketika manusia menghadapi masalah sulit, susah maupun membahayakan, barulah ingat kepada Alloh.

2. Tidak Ingin Berfikir
Terkadang manusia juga tidak ingin berfikir apa saja yang telah Alloh berikan kepada kita sampai sekarang. Oleh karena itu, hendaknya kita selalu bersyukur atas apa yang diberikan oleh Alloh kepada kita.

3. Kufur Nikmat
Terkadang manusia tidak bersyukur apa yang Alloh berikan kepada kita, sebenarnya dari kita hidup diberikan nyawa itu adalah nikmat Alloh, tanpa itu mungkin kita tidak ada di dunia ini, sebenarnya banyak sekali nikmat Alloh yang telah diberikan seperti, kesehatan, jodoh, rezeki dan umur panjang, namun terkadang kita lupa untuk mensyukurinnya.
Tiga sifat inilah yang di miliki oleh manusia, semoga Alloh mengampuni dosa-dosa kita. Amin. Berikut manfaat membaca surat Ar rahman, semoga bermanfaat.

1. Dari Rasululloh Saw bersabda bahwa :
Bagi siapa membaca surah dalam Al Qur’an yaitu ar rahman, maka Alloh akan senantiasa menyayangi kelemahannya serta Alloh akan meridhai nikmat-nikmat yang di karuniakan oleh-Nya (Nur Ats Tsaqalayn 5/187).

2. Dari Imam Ja’far Ash Shadiq :
Imam Ja’far ash shadiq juga pernah berkata bahwa : Jangan engkau tinggalkan untuk membaca surat Ar rahman dan bangunlah bersamanya, karena ketika hari kiamat telah tiba, tidak ada orang yang berdiri lebih dekat dari padanya kecuali orang selalu membaca surat Ar rahman. Alloh SWT berfirman : Siapa orang yang bangun tengah malam bersamamu dan telah tekun membacamu, lalu surat itu menjawab :Ya Rab, fulan bin fulan, kemudian wajah orang yang sering membacanya akan menjadi putih, Alloh berfirman kembali : Berilah syafaat kepada orang yang mencintai kalian, lalu ia menjawab dan memberi syafaat bagi mereka, Alloh berfirman kembali. Masuklah engkau ke surga, tinggalah bersamanya di dalamnya sebagaimana yang engaku inginkan (Tsawabul A’mal 117).

3. Dari Imam Ja’far ash shadiq berkata bahwa :
Bagi siapa ketika membaca saat kalimat Fa-biayyi alaa'i Rabbi kuma tukadzdzi ban lalu menjawab La bisyay-in min alaika Rabbi akdzibu, ketika dibaca surah ar rahman pada malam hari, seandainya pembacanya mati, maka Alloh mencatat ia meninggal dalam keadaan syahid. Dan juga apabila di baca pada siang maupun pagi hari, maka Alloh juga akan mencatat ia meninggal keadaan syahid (Tsawabul Amal 117).

Manfaat Membaca Surat Ar Rahman Untuk Jodoh

4. Apabila sekarang masih belum mendapatkan jodoh, maka ingatlah kepada Alloh, karena jodoh, mati maupun rezeki ada di tangan Alloh. Alloh juga memiliki sifat Maha Pemurah, maka hendaknya memohon kepadanya dengan diawali dengan membaca surat Ar Rahman ini secara istiqomah, kemudian di tutup dengan berdoa kepada-Nya, maka insyaAlloh apa yang di inginkan akan tercapai, karena jodoh juga dari nikmat Alloh yang di berikan kepada kita.

5. Surat ar rahman juga dapat sebgai mahar nikah. Maka apaibla kita tidak memiliki mahar berupa baju, cincin maupun lain sebagainya, maka dapat dilakukan dengan cara hafalan Al Qur’an salah satu menghafal surat ar rahman (HR Bukhari no 5029).
Alloh Swt berfirman : Berikan mahar pada wanita yang engkau ingin nikahi sebagian pemberian penuh kerelaan (QS An Nisa 4).

Manfaat Dzikir Ar Rahman

7. Apabila sekarang memiliki perasaan cemas, gelisah dan tertekan dan lain sebagainya. Maka bacalah ar rahman sebanyaknya. Saat membacanya maka bayangkan dan rasakan kasih sayang Alloh selama ini, maka insyaAlloh hati akan menjadi tentang.

8. Jika ingin mengharmoniskan hubungan keluarga, maka bacalah ar rahman sebanyaknya ketika selesai menjalankan shalat, jika bisa lakukan teknik menahan nafas, contoh ketika menahan nafas baca ar rahman, kemudian saat menghembuskan nafas baca doa kepada Alloh agar diberikan kedamaian serta kasih sayang sesama keluarga, maka insya Alloh hubungan keluarga akan menjadi harmonis.

9. Apabila selalu istiqomah membaca ar rahman tiap-tiap selesai mengerjakan shalat sebanyaknya. Maka tubuh akan memperoleh aura kasih sayang, dimana orang yang berada dekat dengan kita akan merasa nyaman dan menyenangkan, amalan ini sangat bagus sekali diamalkan oleh pedagang, pembisnis, pengusaha ataupun perkerjaan lain yang membutuhkan komunikasi banyak orang, insya Alloh akan memperoleh kemudahan dalam menjalankan usaha anda.

10. Apabila selalu membaca ar rahman juga akan dikasihi serta di cintai Alloh sepanjang waktu, sehingga akan terhindar dari kesukaran, kesempitan maupun kegelapan hidup di dunia ataupun kelak di akhirat.

Kesimpulan :

Kata ar rahman secara luar bisa di artikan sifat kasih sayang Alloh pada semua makhluk-Nya, Ar Rahman ialah sebuah asma Alloh yang memiliki nikmat yang panjang.
Banyak orang tidak mensyukuri nikmat Alloh yang telah diberikannya kepada kita, contoh nikmat di dunia tersebut berupa kesehatan, rezeki, jodoh, umur dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, perbanyaklah bersyukur kepada-Nya.

Kita akan menjadi ingat bahwa Alloh memiliki sifat Maha Pemurah, karena Alloh selalu memenuhi kebutuhan setiap hamba-hamba-Nya, walaupun kita selalu tidak mensyukurinya. Dan ingatlah bahwa rezeki, jodoh mati itu ada di tangan Alloh.
Mungkin sedikit dari banyaknya orang yang telah melakukan kufur nikmat, dimana ia merasa kekurangan, merasa tidak adil dan tidak mau bersyukur apa yang kita miliki sekarang ini, maka celakalah orang yang kufur nikmat tersebut, namun jika kita senantiasa selalu menysukuri apa yang Alloh beri, maka Alloh akan menambah nikmat itu kepada-Nya, karena Alloh akan bersama dengan orang-orang yang sabar.

Lalu kapan waktu yang baik untuk mengamalkan surat Ar Rahman ? sebenarnya tidak ada waktu khusus untuk membaca surat ini, jadi boleh di baca ketika mengerjakan shalat ataupun ketika waktu luang. Yang terpenting adalah membahas secara ikhlas, istiqomah dan lebih bagus untuk memahami isi kandungan dari surat tersebut, jika belum terbiasa untuk membaca cobalah untuk istiqomah membahas dalam 7 hari, 40 hari, 100 hari dan seterusnya.

Demikian pembahas dari ketik membahas, oleh karena itu marilah kita senantiasa untuk membaca surat ini, karena begitu besar manfaatnya. Namun yang paling penting ialah luruskan niat kita kepada Alloh, jadi jangan jadikan amalan tersebut sebagai alasan kita untuk memperoleh sesuatu dan lebih baik untuk memahami isi kandungan dari surat tersebut. Sebenarnya banyak sekali tentang fadhilah, keutamaan maupun keisimewaan setiap surat di dalam Al Qur’an, salah satu surat yang telah kami singgung sekarang ini. Sekian tentang manfaat membaca surat Ar Rahman setiap hari, semoga dapat memberikan manfaat, dan terimakasih sudah membaca artikel kami saat ini.