33 Manfaat Membaca Surat Al Ikhlas Setiap Hari Sebelum Tidur

Manfaat membaca surat Al Ikhlas setiap hari sebelum tidur – Assalamualaikum saudaraku sekalian, terkadang kalau waktu malam saya menyempatkan untuk menuliskan tentang artikel agama. Oleh karena itu, dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami akan membahas tentang manfaat maupun khasiat membaca surat Al Ikhlas setiap hari maupun sebelum tidur. Sebenarnya terdapat banyak mengentai tentang fadhilah, keistimewaan maupun keutamaan dari salah satu ayat dalam Al Qur’an ini yakni Al Ikhlas.

33 Manfaat Membaca Surat Al Ikhlas Setiap Hari Sebelum Tidur
33 Manfaat Membaca Surat Al Ikhlas Setiap Hari Sebelum Tidur
Namun sebelum membahas ke inti dari judul artikel ini, maka terlebih dahulu sedikit untuk mengenal surah Al Ikhlas. Surah atau disebut sebagai surat Al Ikhlas yakni surat ke 112 dalam Al Qur’an dan terdapat 4 ayat, diantara surah yang ada dalam Al Qur’an, Al Ikhlas termasuk golongan surah Makkiyah, isi dari kandungan ayat tersebut yang menegaskan tentang keesaan Alloh serta menolak segala kemusyrkan dan menjelaskan tentang tidak ada sesuatu yang berhak disembah kecuali Alloh.

Manfaat Membaca Surat Al Ikhlas Setiap Hari Sebelum Tidur

Beberapa hadits menyatakan bahwa Rasululloh Saw dulu pernah bersabda tentang Surat Al Ikhlas bahwa pahala membaca surat ini sama hal sedang membaca sepertiga Al Qur’an, dalam arti apabila surah ini dibaca 3x itu sama artinya telah menghatam Al Qur’an. Terdapat sebuah kisah bahwa ketika Rasululloh bertanya pada sahabatnya tentang mengkhatam kitab suci Al Qur’an dalam semalam saja, lalu sahabat rasululloh pun menjawab itu mustahil, kemudian rasululloh menjelaskan bahwa apabila membaca surah Al Ikhlas satu kali maka seakan telah membaca sepertiga Al Qur’an, subhanallah.

Surat Al Ikhlas adalah surah yang mudah untuk di hafalkan bahkan seorang anak kecil pun sekarang banyak yang hafal, karena pendeknya dari surah ini. Akan tetapi bagi saudaraku apa  sudah mengetahui apa saja manfaat Surah Al Ikhlas apabila di amalkan secara istiqomah, terkadang banyak orang yang belum mengetahui manfaat yang di peroleh padahal mungkin setiap hari selalu membacanya keteka sedang mengerjakan sholat-sholat. Oleh karena itu, bagi yang belum mengetahui apa saja manfaat maupun khasiat Al Ikhlas, maka dapat melanjutkan membaca dibawah ini, dan mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Manfaat Membaca Surat Al Ikhlas

1. Rasululloh Saw pernah bersabda : Demi Dzat jiwaku berada di tangan-Nya, maka sesungguhnya pahala surah Al Ikhlas sebanding sepertiga Al Qur’an (HR Bukhari 4/1915 no 4726)

2. Rasul Saw bersabda dengan sahabatnya : Apa di antara kalian menyangupi membaca sepertiga Al Qur’an dalam semalam saja ? Sahabat pun menjawab : Ya Rasul, itu mustahil bagi kami, kemudian Rasulullah bersabda kembali : jika engkau tidak bisa membaca sepertiga Al Qur’an dalam semalam saja, maka bacalah surah ini, karena sebanding dengan sepertiga Al Qur’an (HR Bukhari 4/1916 no 4727)

3. Dari Abu Hurairah berkata : Pada saat itu aku bersama dengan Rasululloh terdengar orang yang sedang membaca Qul Huwallahu Ahad, Rasulullah Saw bersabda : telah wajib, kemudian aku bertanya : wahai rasul, apa yang wajib ? Rasululloh Saw menjawab : masuk surga (HR Tirmidzi 5/167 no 2897).

4. Rasululloh Saw pernah bersabda bahwa : Bacalah surat Al Ikhalas, An Naas dan Al Falaq, maka Alloh akan melindungi kalian dari segala keburukan (HR Nassa-i 8/251 no 5430-5431).

5. Ketika itu Rasululloh Saw masuk dalam masjib dan selesai mengerjakan shalatnya, beliau mendengar seseoorang yang sedang berdoa dengan makna surat Al Ikhlas untuk memohon ampun pada Alloh, lalu Rasulullah Saw bersabda : sungguh ia telah di ampuni dosa-dosanya, beliau mengatakan 3x kali (HR Abu Dawud 1/259 no 985)

6. Dari Anas ra berkata : Ada sahabat yang bertanya kepada Rasululloh Saw : Ya Rasul, Sesungguhnya aku mencintai surah ini, lalu Rasululloh Saw bersabda : kecintaamu terhadap surat itu dapat membawakanmu masuk syurga (HR al Bukhari, 1/268 no. 741)

7. Dari Jarir Al Bajali ra berkata : Bagi siapa terbiasa jika ingin memasuki rumahnya, maka Alloh akan menghilangkan kemiskinan pemilik rumah tersebut (HR Thobroni)

8. Dari Anas ra berkata : Apabila tiap-tiap hari membaca surah ini ketika sedang berdiri, berjalan maupun duduk, baik pagi, siang maupun malam sebelum tidur, apabila dia meninggal, maka Alloh akan mengirimkan 70000 malaikat untuk ikut mensholatkanya, karena surah tersebut memiliki sifat-sifat dari Tuhan-Mu (Ibnu Dhoris)

9. Dari Anas ra berkata : Bagi siapa surah dibaca 200x, maka Tuhan kalian akan mencatat baginya 1500 kebaikan, dosa kecil selama 50 tahun akan di hapus, kecuali kalau ia punya hutang (HR Tirmidzi, Abu Ya’la)

10. Dari Anas Ra berkata : Jika surah Al Ikhlas dibaca 100x dalam keadaan suci baik badan maupun tempat, maka Alloh mencatat setiap huruf dalam 10 kebaikan, menaikan 10 derajatnya dan menghapus 10 keburukan, dan medatangkan malaikat yang dapat mengusir syaitan ( HR Ibnu ‘Adiy)

11. Dari Ali ra berkata : Bagi siapa ingin berpergian jauh, saat ingin meninggalkan rumahnya kemudian memegang kedua sisi pintu depan lalu membaca Al Ikhlas 11x banyaknya, maka Alloh akan menjaga dia dan memelihara rumahnya hingga ia kembali (HR Ibnu Najjar)

12. Dari Abdullohh bin Syukhoir ra berkata  : Jika orang yang sakit keras tiap-tiap hari membaca surat ini, maka kalau ia meninggal di hari itu, maka dia tidak akan di ribetkan di alam kubur, dan selamat dari fitnah-fitnah kubur ( HR Thabroni).

13. Dari Ali ra berkata : Jika surah di baca setelah mengerjakan shalat subuh 10x banyaknya, maka dia akan di jaga oleh Alloh dari gangguan syaitan (HR Ibnu Asakir).

14. Dari Anas ra berkata : Jika surah ini dibaca 30x banyaknya setiap hari, maka Alloh membebaskan baginya dari siksa dan adzab neraka (HR Abu Muh Hasan bin Amad as Samarqandi)

15. Dari Muh bi Munkadir ra berakta : Saat Rasululloh Saw mendengar seorang  lelaki sedang membaca surah ini dalam masjid secara tartil hingga selesai secara berulang-ulang, Rasululloh Saw kemudian bersabda : sekarang mintalah sesuatu pada Alloh, maka Alloh akan mengijabahinya (HR Said bin Manshur).

16. Dari sabda Rasululloh Saw : Bagi siapa membaca surah Al Ikhlas 1x, maka ia sama saja memperoleh pahala sepertiga Al Qur’an.

17 Dari Sayyidah ‘Aisyah Bagi siapa membaca surah-surah dalam Al Qur’an yakni surat An Nass, Al Fatihah, Al Falaq dan Al Ikhlas 7x banyaknya dibaca pada hari jum’at , maka Alloh akan melindungi dari kejahatan hingga hari jum’at yang akan datang.

18. Dari Abu Sa’id Khanafi berkata : Bagi siapa surat Al Ikhlas dibaca secara istiqomah dan ikhlas, maka Alloh akan memudahkan urusan di dunianya, ketika ia sakatul maut Alloh akan memudahkan ruh keluar, saat ia meninggal Alloh akan menerangi kegelapan kuburanya.
19. Dari sabda Rasululloh Saw : Bagi siapa surat Al Ikhlas dibaca 3x, maka pahalanya sebanding telah menghatam Al Qur’an.

Selain manfaat diatas khasiat membaca Al Ikhlas diantaranya :

20. Bagi siapa yang ingin hutang cepat lunas, di luaskan rezeki, cepat punya anak maupun segala hajat,  maka hendaknya ia : mengerjakan shalat 4 rakaat sekali salam.

·         Pada rakaat pertama Al Fatihah dibaca 1x  kemudian di lanjut membaca surat Al Ikhlas 11x
·         Pada rakaat kedua Al Fatihah dibaca 1x kemudian dilanjutkan membaca surat Al Ikhlas 21x
·         Pada rakaat ketiga Al Fatihah dibaca 1x kemudian dilanjutkan membaca surat Al Ikhlas 30x
·         Pada rakaat keempat Al Fatihah dibaca 1x kemudian dilanjutkan membaca surat Al Ikhlas 41x

Setelah salam kemudian dilanjutkan dengan membaca surat Al Ikhlas 50x, Sholawat Nabi 50x,  istighfar 50x, dan membaca laa haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim 50x, sesudah itu berdoalah kepada Alloh, maka insyaAlloh, hajat akan terkabulkan.

21. Jika memiliki suatu hajat, maka surah Al Iklhas dibaca 1000x banyaknya setelah mengerjakan shalat maghrib, kemudian sebutkan permohonan pada Alloh, insyaAlloh apa yang di maksud akan terkabulkan.

Manfaat Membaca Surat Al Ikhlas 100x Setiap Hari

Apabila istiqomah dalam mengamalkan membaca surah Al Ikhlas maka akan memperoleh atas izin Alloh diantaranya :

22. Sebagai Mahabbah
23. Pelindung Segala Ilmu Hitam Seperti Sihir, Santet maupun Tenun
24. Meluaskan Rezeki
25. Untuk Benteng Diri
26. Di Jauhkan dari Penyakit (Untuk Kesehatan)
27. Sebagai Pengobatan
28. Membuka Hijab Lahir dan Batin
29. Memperoleh Pahala Besar
30. Di Gugurkan Dosa-Dosanya
31.Di Kabulkan Hajatnya.
32. Terhindar dari Fitnah serta Siksa Kubur
33. Di Jauhkan dari Bahaya Maupun Malapetaka

Demikian informasi dari ketik membaca yang dapat kami sampaikan pada kesempatan yang sekarang ini. Semoga tulisan singkat diatas tentang khasiat maupun manfaat membaca surat Al Ikhlas setiap hari sebelum tidur dapat menjadi bermanfaat bagi saudara. Sungguh luar biasa mengenai fadhilah, keistimewaan ataupun keutaman surat Al Fatihah dan terimakasih.