24 Manfaat Membaca Surat Al Waqiah Dalam Setiap Hari

Manfaat membaca surat Al Waqiah dalam setiap hari – Assalamualaikum bagi kaum muslimin dan muslimat semoga di beri kesetahan selalu bagi yang sedang membaca tulisan pada kesempatan sekarang ini. Mungkin bagi saudara-saudaraku yang sedang membaca tulisan ini belum mengetahui apa saja khasiat surat Al Waqiah jika di baca setiap hari baik sebelum tidur, setelah sholat dhuha, setiap pagi setelah shalat subuh, setiap malam, di hari maupun setiap malam jumat. Selain membaca surat Al Waqiah, Anda dapat membaca juga surat ar Rahman.
24 Manfaat Membaca Surat Al Waqiah Dalam Setiap Hari
24 Manfaat Membaca Surat Al Waqiah Dalam Setiap Hari

Memang fadhilah maupun keistimewaan dalam manfaat membaca surat Al Waqiah sangat besar sekali saudaraku bagi istiqomah membacanya, salah satu khasiat maupun manfaat adalah dalam memperoleh banyak rezeki yang datang dari Alloh. Dan ingatlah saudaraku rezeki, jodoh ataupun meninggalnya kita itu tiada yang mengetahui kecuali Alloh, oleh karena itu bagi kaum muslimin dan muslimat kita tidak mengetahui apa yang akan terjadi di masa mendatang, mungkin sekarang bagi saudaraku yang memiliki banyak hutang, penghasilan pas2an bahkan kebutuhan tidak tercukupi dan lain sebagainya, maka jangan berputus asa saudaraku.

Manfaat Membaca Surat Al Waqiah Dalam Setiap Hari

Karena tanpa usaha, tanpa kerja keras, maka rezeki itu tidak akan datang dengan sendirinya, misal jika Anda diam tanpa melakukan apa-apa apakah rezeki itu akan datang sendiri kepada Anda ?. tentu saja tidak, oleh karena itu bagi kaum muslim marilah kita hendak membaca surat Al Waqiah ini, karena surat Al Waqiah memiliki manfaat yang sangat luar biasa baik dalam memperoleh rezeki maupun kekayaan, mama insyaAlloh Alloh akan memudahkan kita dalam memperoleh rezeki.

Surah maupun dapat di sebut surat Al Waqiah yakni surat ke 56 dalam ayat Al Qur’an, surat ini yang terdiri dari 96 ayat merupakan surat yang menerangkan tentang di hari Kiamat. Diamana hari yang akan dibalas bagi orang-orang yang kafir, jika saudaraku belum mengetahui arti dari Ayat tersebut Anda dapat membaca di dalam Al-Qur’an, lalu apa saja khasiat ataupun manfaat membaca surat Al Waqiah ini ? Adapun manfaat tersebut berikut ini ulasannya dengan sebagian hadistnya, semoga dapat memberikan manfaat bagi pembaca yang belum mengetahui.

Manfaat Membaca Surat Al Waqiah Untuk Rezeki dan Kekayaan

1. Dari Ubay bin Ka’b
Dimasa saat itu ubay bin ka’b pun berkata juga Nabi SAW bersabda : Bagi siapa teratur mengamal surat Al Waqi’ah. Maka dia akan dicatat tidak tergolong dari orang2 yang lalai. (Tafsir Nur Ats Tsaqalayn 5/203).

2. Dari Imam Ja’far Ash Shadiq sa
Seorang bernama imam Ja’far Ash Shadiq sa juga pernah berkata bahwa : Bagi siapa hendak rutin membaca Al Waqiah pada saat malam jumat, maka dia akan di cintai Alloh, di cintai juka oleh umat  manusia, serta tidak melihat kesengsaraan, kebutuhan, kefakiran, maupun dalam hal penyakit dunia. Surah maupun surat Al Waqiah ini yakni sebagian sahabat dari Amirul Mukimin sa buat beliau memiliki keistimewaan maupun fadhilah yang tidak tertandingan oleh lain. (Tafsir Nur Ats- Tsaqalayn 5/203).

3. Dari Abdullah bin Mas’ud
Di masa itu Abdulloh pernah melihat bahwa Nabi Muh SAW bersabda : Untuk siapa setiap hari membaca surat Al Waqi’ah. Maka ia tidak akan tertimpa kefakiran untuk selamanya. (dari Tafsir Nur Ats Tsaqalayn 5/203).

4. Dari Rasulullah SAW
Nabi Muhammad Saw juga pernah bersabda : Barang siapa membaca surat Al Waqi’ah setiap hari nya. Maka ia tidak akan di timpa kefakiran, ini sama yang di tafsir dari Nur Ats Tsaqalayn 5/203.

5. Dari Ad Dailamiy dari Anas
Ad Dailamiy dari Anas  juga pernah mendengar bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda. : Surat Al Waqi’ah ialah merupakan surat kekayaan, maka umatku bacalah surah ini dan hendak ajarkan senantiasa membaca surah ini kepada anak-anakmu semua.

6. Dari Imam Baihaqi
Dimasa itu Imam baihaqi meriwayatkan tentang haditsnya Ibnu Mas’ ud bercerita tentang : Aku mendengar sendiri bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda : Barang siapa membaca surat Al Waqi’ah setiap malam hari. Maka insyaAlloh ia tidak akan tertimpa kemiskinan selamanya.

7. Dari Nabi Muhammad Saw
Rasul juga pernah bersabda bahwa : Ajarkanlah surah ataupun surat Al Waqiah kepada isteri-isteri mu kelak. Karena sesungguhnya Surat Al Waqiah adalah surat kekayaan (di dapat dari Hadis riwayat Ibnu Ady)

8. Dari Imam Muhammad Al Baqir sa
Imam muhammad Al Baqir sa juga pernah berkata : Bagi siapa membaca surat Al Waqiah hendak ingin tidur ( sebelum tidur). insyaAlloh dia akan bisa berjumpa ataupun bertemu dengan Alloh yang keadaan wajah-Nya seperti bulan purnama (Tsawabul A’mal pada halaman 117).

9. Dari Imam Ja’far Ash Shadiq sa
Imam Ja’far Ash Shadiq sa juga pernah berkata : Bagi siapa merindukan surga dan sifat-sifatnya syurga . Maka istiqomah bacalah surah Al Waqi’ah ini, namun bagi siapa yang ingin melihat sifat-sifat neraka, maka bacalah surah atau surat As-Sajadah (Tsawabul A’mal halaman 117).

10. Rasulullah SAW
Nabi Muh Saw juga bersabda : Barang siapa tulus membaca surat Al waqi’ah tanpa paksaan setiap malam hari maupun sebelum tidur. Maka insyaAlloh ia tidak akan di timpa kemiskinan maupun kesusahan untuk selama-lamanya. (hadist ini diriwayatkan oleh Baihaqi dari Ibnu Mas’ud r.a)

11. Jika dibaca surat maupun surah Al Waqiah hingga sebanyak 41 setiap hari, maka insyaAlloh segala hajat yang berkaitan dengan masalah rezeki akan dikabulkan maupun ditunaikan Alloh.

12. Apabila kekal maupun istiqomah membaca surat Al Waqiah pada di malam hari. Maka Alloh akan  menjauhkan mereka dari kemiskinan untuk selamanya.

13. Dari Rasulullah SAW
Nabi Muh Saw juga pernah bersabda : Bagi siapa atau barang siapa membaca surat Al Waqi’ah setiap malam harinya. Maka dia tidak ditimpa kesusahan maupun kemiskinan untuk selamanya. Sebab surat Al Waqiah yakni surah kekayaan, oleh sebab itu bacalah ia lalu ajarkanlah kepada anak-anakmu kelak.

14. Apabila dibaca surah Al waqiah minimal 40 kali pada setiap malam hari selama maupun selama dalam 40 hari berturut-turut. maka niscaya rezeki akan mengalir dan Alloh mau mengabulkan hajatnya berkaitan dengan rezeki.

15. Jika seandainya surah Al Waqiah hanya sebanyak 14 setelah maupun sesudah shalat Ashar secara istiqomah. Maka ia  akan memperoleh kekayaan maupun rezeki.

16. Dari Sa’d Al Mufti
Sa’d Al Mufti juga berkata bahwa : jika surah ini surat yang dibaca setiap hari baik itu di malam hari, maka Alloh akan menjauhan kefakiran selamanya bagi orang yang istiqomah untuk membacanya.

Demikian uraian tentang berbagai macam khasiat maupun manfaat membaca surat Al Waqiah. Ternyata surah Al Waqiah memiliki banyak manfaat berkaitan tentang rezeki. Oleh karena itu bagi saudaraku yang memiliki hutang ataupun rezeki seret, maka cobalah untuk membaca surah Al Waqiah ini setiap hari, maka insyaAlloh akan mengabulkan hajat kalian yang berkaitan dengan rezeki.

Selain manfaat diatas terdapat khasiat maupun manfaat lain yang bisa kita peroleh bagi yang mau mengamalkan untuk membaca surat Al Waqiah secara istiqomah, bagi yang belum mendapatkan jodoh jangan berputus asa saudaraku karena surah Al Waqiah juga dapat mendatangkan jodoh dan surah Al Waqiah juga memiliki manfaat dunia akhirat dan memperoleh pahala yang besar hari surah ini berisi tentang di hari kiamat, berikut ini ulasannya.

Manfaat Membaca Surat Al Waqiah Untuk Jodoh

17. Mendapatkan Jodoh
Bagi Anda belum mendapatkan jodoh dan ingin cepat menikah, maka jangan lupa berusaha maupun senantiasa berdoa kepada sang pencipta, karena jodoh sama hal dengan rezeki, tanpa usaha dan berdoa maka jodoh tidak akan kunjung datang. Oleh sebab itu bagi Anda ingin cepat mendapatkan jodoh maka bacalah surah Al Waqiah sebanyak 3x setiap hari, maka insyaAlloh hajat Anda akan terkabulkan oleh Alloh.

18. Mendapatkan Jodoh Yang Baik
Bagi Anda yang belum mendapatkan jodoh maupun ingin memperoleh jodoh yang baik untuk di jadikan pasangan seumur hidup, maka bacalah surah Al Waqiah di dasari dengan niat yang baik, maka hajat Anda akan di kabulkan oleh Alloh Ta’ala.

19. Memberikan Petunjuk
Ini bagi Anda yang ingin memilih pasangan untuk di jadikan rumah tangga, jika memiliki keraguan dalam hati, segeralah berdoa kepada Alloh dengan mendirikan shalat istikharah, kemudian bacalah surah Al Waqiah ini, maka insyaAlloh Alloh akan memberikan petunjuk.

Manfaat Membaca Surat Al Waqiah Untuk Dunia Akhirat

20. Dari Imam Muhammad Al Baqir sa
Imam Muhammad Al Baqir sa juga pernah berkata bahwa : surah Al Waqiah sama seperti surat Yasin, sebab apabila surah Al Waqiah dibaca orang yang dalam keadaan nazak, maka akan dipermudahkan Alloh ruh tersebut keluar dari jasadnya.

21. Tidak Tergolong Orang Yang Lalai
Bagi siapa hendak membaca surat Al Waqi’ah ini. Maka malaikat mencatat tidak tergolong dari orang yang lalai (Tafsir Nur Ats Tsaqalayn 5/203).

22. Di cintai Alloh
Hadist dari tafsir Nur Ats Tsaqalayn juga menerangkan bahwa apabila senantiasa maupun istiqomah membaca surah Al Waqiah maka amalan ini akan mendatangkan cinta sesama umat manusia dan ia akan senantiasa di cintai Alloh.

23. Memperoleh Pahala Yang Besar
Hadits Rasul Saw diriwayatkan imam At Tirmidzi menjelaskan bagi siapa yang membaca surah Al Waqiah sampai katam, maka ia akan memperoleh pahala yang besar

24. Di jauhkan dari Siksa Neraka
Surah Al Waqiah merupakan surah yang menerangkan di hari kiamat dimana hari pembalasan bagi kaum kafir, apabila di baca maka bagi pengamal surah ini, insyaAlloh akan di jauhkan dari siska neraka (HR Imam Bukhari).

Semoga dari ketik membaca diatas bisa bermanfaat bagi pembaca tentunya yang belum mengetahui khasiat surah Al Waqiah diatas, demikian tulisan kami mengenai khasiat maupun manfaat membaca surat Al Waqiah setiap hari baik sebelum tidur, setelah sholat dhuha, setiap pagi setelah shalat subuh, setiap malam, di hari maupun setiap malam jumat.