10 Manfaat Dahsyat Membaca Surat Yusuf Setiap Hari

Manfaat membaca surat yusuf – Assalamuallaikum saudaraku, lama zonabia tidak menulis sebuah artikel. Maka dalam kesempatan ini akan menulis lagi tentang islam khasiat membaca surah yusuf. Seperti pada surat yang lainya di dalam Al Qur’an bahwa surah ini juga memiliki fadhilah, keistimewaan ataupun keutamaan yang besar sekali surat Yusuf ayat 3, 4, 7, 11, 36, 39 maupun ayat 68, jika ayat tersebut dibaca secara istiqomah maka akan memperoleh manfaat yang luar biasa tentunya. Selain surah Yusuf, surah dalam Al Qur’an seperti surat yasin ayat 36 maupun surat maryam juga sangat luar biasa, dan banyak juga amalan untuk ibu hami maupun bayi dalam kandungan.
10 Manfaat Dahsyat Membaca Surat Yusuf Setiap Hari
10 Manfaat Dahsyat Membaca Surat Yusuf Setiap Hari
Surah maupun disebut dengan surat Yusuf ialah surat ke 12 dalam Al Qur’an dan golongan dari surah Makkiyah yang terdiri dari 111 ayat. Kenapa surah tersebut di sebut dengan surat Yusuf ? Sebab dari kandungan ini telah menceritakan kehidupan beliau nabi Yusuf. Dari kisah Yusuf ini Rasululloh saw mengambil pelajaran-pelajaran penting dari nabi Yusuf dalam menjalankan tugasnya. Bahkan menurut Al Baihaqi bahwa terdapat golongan orangYahudi masuk islam dikarenkan telah mendengar cerita beliau Nabi Yusuf tersebut.

Manfaat Dahsyat Membaca Surat Yusuf Setiap Hari

Diantara kisah dalam Al Qur’an, hanyak cerita nabi yusuf yang telah di akui Alloh sebagai ahsanul qashash atau disebut sebagai kisah yang paling baik. Kisah ini berawal dari sebuah mimpi beliau bahwa dia melihat 11 bintang bercahaya, bulan serta matahari telah bersujud kepadaku. Namun ayahnya yaitu nabi Yaqub, menyuruh beliau untuk tidak menceritakan mimpi itu kepada orang lain bahkan saudara-saudaranya sendiri, sebab tahu bahwa akan mencelakakanya.

Hal tersebut karena Nabi Yusuf yanki anak bungsu dari 12 saudaranya, sehingga memperoleh perhatian lebih dibandingkan kakak-kakaknya, ini yang menyebabkan kecemburan. Bahkan 11 kakak dari beliau bersekongkol untuk mencelakakannya. Pada waktu itu, mereka meminta izin pada Nabi Yaqub agar mengajak beliau nabi yusuf untuk bermain bersamanya di luar, dan mereka berjanji akan menjaga yusuf dengan baik, hingga akhirnya nabi Yaqub mengizinkan pergi bersama saudara-saudaranya.

Ketika matahari sudah mulai terbenam, semua saudaranya berselisih pendapat tentang bagaimana cara menyingkirkan beliau tersebut. Ada yang berpendapat melemparkan yusuf ke sumur serta ada yang berpendapat di bunuh secara langsung. Agar nabi Yaqub tidak curiga dan tidak meninggalkan jejak, maka keputusan tersebut akhirnya yusuf di jatuhkan di sumur kemudian di tinggal pergi pulang semua saudaranya dan menceritakan kejadian berbohong kepada Ayahnya.

Tidak disengaja dalam beberapa waktu sebuah rombongan kafilah hendak ingin mengambil air di sumur itu, mereka pun menjadi kaget, karena telah melihat sesosok anak laki-laki masih hidup di dalam sumur itu, kemudian mereka mengangkatnya keatas dan beliau di bawah ke mesir untuk di jualnya kepada orang lain.

Pada saat itu, raja mesir (Al Aziz) sedang bermimpi aneh, karena di mimpinya telah melihat 7 ekor sapi gemuk dengan 7 ekor sapi kurus, namun sapi kurus dapat mengalakan sapi gemuk, dan juga bermimpi terdapat bulir gandum yang kering dan gandum yang hijau. Kemudian raja menyuruh orang untuk meramal arti dari mimpi tersebut, namun tidak ada seorang pun yang dapat meramal mimpi itu, namun ada orang yang mengatakan bahwa ada seorang pemuda yang dapat meramal mimpinya, yaitu nabi yusuf, kemudian raja menyuruh orang untuk memanggil beliau kemari untuk meramalnya.

Kemudian nabi yusuf di panggil untuk menghadap raja mesir, ketika beliau menghadap beliau di suruh untuk meramal mimpi dari raja mesir tersebut, dan beliau menjawab bahwa suatu tanya 7 tahun akan datang merupakan masa subur, dan 7 tahun lagi akan mengalami panen jaga, maka Nabi Yusuf menyarankan bahwa ketika memanen gandung pada masa subur untuk menggunakan gandum secukupnya saja, sedangkan sisanya di simpan untuk di gunakan pada saat kekurangan bahan makanan  nanti.

Hingga sampai kisah beliau di tuduh melakukan hal senonoh kepada istri raja mesir. Walaupun beliau ketika itu sempat tergoda olehnya karena kecantikan yang di miliki, akan tetapi Alloh memberi ilham kepada nabi yusuf, hingga pada akhirnya beliau terhindar dari perbuatan buruk kepada istri raja tersebut. Namun tanpa di sadari istri raja malah mefitnah beliau dengan mengatakan bukan hal yang terjadi sebenarnya, bahwa ia telah di gituin oleh nabi yusuf kepada raja mesir, walaupun seorang raja dan istri raja sendiri, Al Aziz tidak percaya begitu saja.

Kemudian raja mesir mencari tahu tentang bukti kebenaran yang terjadi, sebelum memutuskan untuk menghukum nabi yusuf, karena tidak ada orang yang melihat ketika itu, hanya beliau dengan istri raja saja yang ada pada kejadian itu. Akan tetapi tiba-tiba ada sesorang yang mengatakan bahwa apabila baju nabi yusuf robek di depan berarti beliau berbohong, akan tetapi jika baju robek di belakang maka istri raja yang telah berbohong. Raja mesir pun menyetujui perkataan dari seseorang tersebut, kemudian di periksalah baju beliau, ternyata baju tersebut robek di bagian belangkang. Maka nabi yusuf tidak di hukum raja, karena istrinya sendiri yang tergila-gila karena ketampanan nabi yusuf tersebut.
Sebenarnya kisah dari Nabi yusuf sangat panjang sekali untuk dituliskan di dalam artikel, maka kami langsung saja membahas tentang kisah beliau di dalam Al Qur’an bahwa nabi yusuf merupakan orang :

1. Teguh dalam menjaga diri.
2. Penyabar.
2. Dapat menahan amarah, pemaaf.
3. Membalas kejahatan dengan kebaikan.
4. Mendoakan kebaikan bagi orang yang telah berbuat dzalim kepadanya.
5. Kecerdikan beliau dalam berdakwah.

Itulah beberapa akhlak beliau yang terdapat kisah di dalam Al Qur’an, sehingga Alloh memuji Yusuf sebagai ahsanul qashash atau disebut sebagai kisah yang paling baik. Lalu apa saja khasiat maupun manfaat membaca surat yusuf ? Doa nabi yusuf di dalam Al Qur’an di percaya banyak memiliki khasiat ataupun manfaat. Ada yang menyebutkan bahwa doa nabi yusuf dapat digunakan untuk pemikat wanita, agar selalu di rindukan kekasih, untuk mencari jodoh, dapat mempererat hubungan suami / istri, ada juga digunakan sebagai pengasihan agar tibul rasa cinta dan sayang bagi yang memandang. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini

Manfaat Membaca Surat Yusuf Setiap Hari

1. Rasululloh Saw pernah bersabda bahwa : Ajarkan surat yusuf pada budakmu, sebab seorang muslim membaca serta mengarjarkannya pada budak serta keluarganya, maka Alloh akan memberikannya kemudahan ketika sakaratul mautnya dan Alloh akan memberi kekuatan supaya sebagai orang muslim tidak mudah di hasud (Majmu’ul Bayan).

2. Imam Ja’far Ash Shadiq pernha berkata bahwa : Bagi siapa membaca surah ini pada tiap-tiap malam, maka pengamalnya jika wafat, di hari kiamat dia akan dibangkitkan dalam keindahan wajah seperti beliau nabi Yusuf, dan tidak di timpa azab Alloh yang besar ketika saat hari kiamat, serta ia akan dituliskan dalam hamba Alloh yang sholeh, beliau jga menyatakan bahwa pertanyaan ini juga terdapat kitab Taurat (Ats Tsaqalayn 2:408).

3. Bagi siapa membaca surat yusuf ayat satu sampai selesai setiap hari, maka Alloh akan meluaskan rezekinya, serta diberikan kemuliaan kepadanya.

4. Bagi siapa membaca surat yusuf ayat 64 tiap-tiap hari, maka dia akan terhindar dari kesukaran hidup serta kepahitan.

5. Barang siapa membaca surat yusuf ayat 68, maka Alloh akan menjadikan anak yang shaleh, apabila belum memiliki anak, maka jika lahir jadi anak yang sholeh.

6. Bagi siapa yang ingin menimbulkan rasa cinta kasih kepada pasanganya, maka bacalah 3x surah yusuf ayat 4 sebelum bertemu dengannya.

7. Bagi siapa yang belum mendapatkan jodoh di inginkan, maka bacalah 7x surat yusuf ayat 4 ketika selesai mengerjakan sholat lima waktu, dengan di dasari niatnya.

8. Apabila ingin wajah nampak berseri-seri, disegani dan di kasihi orang, maka bacalah 3x surat yusuf ayat 4 dan surah thaha ayat 36 setelah selesai mengerjakan shalat wajib.

9. Jika ingin menentramkan hubungan keluarga menjadi harmonis, bacalah 7x surat yusuf ayat 4 ketika selesai mengerjakan shalat fardu

10. Apabila ingin meningkatkan daya kharisma, maka bacalah 7x ketika pagi pagi setelah shalat subuh dan malam hari ketika selesai mengerjakan shalat maghrib.

Apabila ingin mendapatkan khasiat dari surah ini, yang terpenting adalah sabar, keikhlasan dalam mengamalkan, istiqomah, dan memiliki tujuan serta niat yang baik, agar Alloh merindhoinya dan mendapatkan pahala yang besar, karena membaca kitab Alloh dan memiliki fadhilah, keistimewan maupun keutamaan yang luar biasa. Demikian yang dapat kami sampaikan dari zonabia tentang khasiat maupun manfaat membaca surat yusuf setiap hari, terimakasih telah menyempatkan waktu untuk membaca.