81 Manfaat Dahsyat Dzikir Harian Pagi Maupun Petang

Manfaat dzikir harian pagi dan petang – Assalamuallaikum, mungkin sudah lama tidak menuliskan sebuah artikel yang bermanfaat bagi pembaca. Oleh karena itu, kami mencoba meluangkan waktu untuk menulis kembal. Dan dalam kesempatan ini zonabia akan membahas tentang apa saja khasiat maupun manfaat berzikir / dzikir. Sungguh luar biasa manfaat dzikir bagi kehidupan kita, mulai dari memperoleh kesehatan maupun rezeki.  Alloh SWT berfirman bahwa : Sebutlah nama Tuhan-Mu  di dalam hatimu dengan cara merendahkan diri serta rasa takut kepada-Nya. Dan tidak mengeraskan suaranya, pada waktu petang maupun pagi hari, dan janganlah engkau dalam golongan orang yang lali kepada-Nya ( QS Al A’raf 205).
81 Manfaat Dahsyat Dzikir Harian Pagi Maupun Petang
81 Manfaat Dahsyat Dzikir Harian Pagi Maupun Petang
Maka hendaknya setiap hari selalu mengingat Alloh dengan cara berdzikir / dzikir kepada-Nya, anda dapat berdzikir Allahu akbar (takbir), Alhamdulillah, Subhanallah, Laa ilaaha illallah, Astaghfirullah (istighfar) maupun berdzikir / dzikir dengan Asma Alloh yaitu dari Asmaul husna atau dapat kita sebut 99 nama Alloh yang baik.

Manfaat Dzikir Harian Pagi Maupun Petang

Dzikir / berdzikir merupakan suatu aktifitas ataupun ibadah dalam setiap umat islam, hal tersebut bertujuan dzikir untuk menginggat Rabb-Nya dan adalah salah satu kewajiban yang sudah di tulis dalam Al Qur’an dan di wajibkan bagi seorang muslim. Dzikir ialah menyebut maupun mengingat Asma Alloh yang termasuk dalam firman-Nya yang artinya bahwa untuk melafalkan serta merenungkan isi kandungan dari dzikir tersebut. Dzikir / berdzikir kepada Alloh juga dapat diartikan bahwa kita selalu ingat akan larangan maupun perintah Alloh, menjauhi larangannya serta mentaati perintah-Nya.

Alloh juga merintahkan kepada kita supaya selalu senantiasa berdzikir / dzikir kepada-Nya. Dzikir juga merupakan ibadah yang di syaratkan.

Alloh SWT berfirman :
Wahai orang beriman, berdzikirlah kepada Tuhan-Mu dengan cara berdzikir / dzikir sebanyaknya, serta bertasbihlah pada waktu pagi maupun petang kepada-Nya (QS Al Ahzab 41).

Alloh SWT berfirman :
Ingatlah kepada Kami, Kami akan ingat kepada engkau juga, serta bersukurlah kepada-Ku, jangan engkau menghingkari nikmat-Ku (QS Al Baqarah  152).

Apabila senantiasa mengingat Alloh dengan cara berdzikir / dzikir, maka hikmah dzikir akan membawa manfaat yang sangat luar biasa bagi kehidupan kita,  salah satu jiwa akan terus terasa tentram. Terkadang dalam menjalani suatu kehidupan di dunia, kita pasti akan mendapat suatu permasalah maupun persoalan yang kadang-kadang kita tidak dapat menemukan jalan dan ada juga yang dapat kita selesaikan. Akan tetapi seseorang belum tentu mampu mengatasi persoalan batinya sendiri misal takut kehilangan jabatan, harta, pangkat dan lain sebagainya.

Sebenarnya apabila tidak ada keberanian maupun kemampuan dalam menyelesaikan suatu permasalah atau persoalan, maka batinya sering di dera penderitaan, seperti menjadi stres, hati gelisah, tidak tentram maupun tidak tenang. Sesungguhnya hal itu dapat membuat fisik kita hancur bahkan kalau sudah tidak kuat akan melakukan hal nekat untuk mengahiri kehidupanya.

Oleh sebab itu, apabila kita selalu mengingat Alloh dengan cara berdizkir / dzikir kepada-Nya, maka jiwanya akan menjadi tenang. Dan dzikir dapat menyadarkan hati tentang hidup yang sesungguhnya di dunia ini untuk memperbanyak ibadah. Hakikat harta, pangkat, jabatan dan lain sebagainya hanya sementara, dan hidup yang kekal adalah di akhirat nanti. Dalam berdzikir / dzikir kita meresapkan bahwa diri kita milik Alloh yang akan kembali kepada-Nya dengan membawa tangung jawab ketika masih hidup di dunia. Oleh karena itu, kita ahrus memahami serta menyadari bahwa dunia bukan tujuan akhirnya, namun alat untuk memperbanyak pahala serta beribadah untuk menikmati hidup kekal di akhirat nanti di surga. Lalu apa saja khasiat maupun manfaat berdzikir / dzikir ? berikut uraiannya.

Manfaat Dzikir Harian Pagi Maupun Petang

1. Dzikir / berdzikir dapat memperoleh suatu ketenagan hati dan dapat menghilangkan rasa kecewa, duka, dendam, sedih maupun stres yang panjang.

Alloh SWT pernah berfirman tentang : Ingatlah bahwa dengan meninggat Tuhan kalian hati menjadi lebih tentram dan tenang (Q.S. Ar-Ra'd : 28)

2. Sebenarnya marah maupun jengkel itu datangnya dari syaitan, dan ingatlah bahwa setan itu diciptakan dari api, sedangkan manusia dari tanah, maka apabila tidak segera di padamkan, maka api akan menjadi membesar, sehingga dapat terkena sakit jantung ataupun stroke. Oleh karena segeralah berwudhu kemudian berdzikir  / dzikir dengan mengingat Alloh melalui dzikir maka api akan menjadi padam.

Nabi Muh Saw bersabda bahwa : Marah datang dari syaitan serta syaitan di jadikan dari api, api dapat di padamkan memakai air, maka hendaklah ia berwudhu dan mengingat Alloh  (HR. Abu Daud).

3. Di Jauhkan dari Kegelapan di sini adalah memiliki rasa serba kekurangan, ketakutan, kesempitan, kehinaan maupun kepanikan.Dengan mengingat Alloh maka akan menjadikan hidup lebih mulia, bahagia, nyaman, sejaterah, berkecupuan (QS Al Ahzab 43).

4. Dapat terpelihara dari godaan syaitan ataupun tipu daya saitan yang dapat menyesatkan kita (QS An Nahl 99)

5. Akan senantiasa mendapat pertolongan Alloh, sehingga akan memberikan jalan keluar apabila terdapat kesulitan, mendapat rezeki yang datang tidak terduga, dan Alloh akan mencukupkan kebutuhan hidupnya (QS At Thalaq 2-3)

6. Akan terpelihara dari segala perbuatan mungkar maupun keji (Al Ankabut 45)
7. Akan selalu di perhatikan oleh Alloh dimanapun orang tersebut berada, selama dirinya selalu ingat kepada Tuhan-Nya (QS Al Baqarah 152).

8. Alloh akan menerima taubatnya serta mengampuni dosanya yang dahulu pernah di perbuat dan dosa yang akan datang di kemudian hari, dan Alloh akan menambah untuknya kenikmatan serta menunjukan jalan yang lurus untuk memproleh ridha-Nya (QS Al Baqarah 286)

9. Akan di jauhkan dari suatu beban hidup yang berat maupun beban yang tidak dapat di pikulnya, dan ia akan terhidar dari siksa kubur maupun azab ( QS Al Baqarah 286).

10. Akan memperoleh pahala yang berlipat ganda karena amal kebaikannya yang pernah mereka kerjakan (QS an Nahl 96-97).

11. Memperoleh kehidupan yang baik hingga ajal menjemputnya yang sudah di gariskan (QS An Nahl 97)

12. Alloh akan selalu bersamnya walaupun dimanapun ia berada (QS Al Hadit 4).

13. Akan mempeoleh pertolongan dari ribuan malaikat atas izin Alloh dalam menghadapi bermacam masalah di dunia atau dalam akhirat (QS Ali Imran 134-125)

14. Akan dimudakan dalam urusanya dan diberikan petunjuk untuk memperoleh jalan yang lebih mudah (Al Lail 7)

15. Alloh akan membuka untuknya pintu rahmat serta keberkahan dari langit hingga ke bumi (Al A’raaf 96).

16. Ketika di alam barzakh akan memperoleh kehidupan baik yang di jamin oleh Alloh (QS Ali imran 169)

17. Jika ia meninggal akan di sambut oleh banyak malaikat dan mengucapkan salam penghormatan (QS An Nahl 32, Al ahzab 44).

18. Ketika ia meninggal, maka akan memperoleh wajah yang bersinar dan putih ketika hari berbangkit (Ali Imran 106-107)

19. Akan dimudahkan saat di hidap serta di timbang semua amalannya yang dilakukan masih hidup (QS Al Haqqah 19-21).

20. Dan juga akan mempeoleh tubuh maupun muka yang bercahaya pada waktu berbangkit (QS At Tahrim 8).

21. Di jauhkan dari panasnya api dari neraka (Maryam 72-73).

22. Akan memperoleh timbangan kebalikan lebih berat dan banyak (QS Al Qori’ah 6-7).

23. Alloh akan memasukan ke syurga dan hidup abadi selamanya (Az Zumar 73).

Selain manfaat diatas terdapat khasiat dzikir lain yang tuliskan dari Ibnu Qayyi, Al Jauziyah melalui kitabnya yaitu Al Wabilush Shoyyib bahwasanya :

24. Dekat kepada Alloh
25. Dapat merasakan kebesaran Alloh
26. Membuka semua pintu ilmu
27. Didapatkan kenikmatan luar biasa
28. Dapat membersihkan sifat munafik
29. Ketika di akhirat wajah bersinar
30. Wajah akan cerah
31. Membersihkan bermacam kotoran dari hati
32. Untuk menghidupkan hati kita
33. Dapat menjaga lidah kita dari perkataan kotor
34. Memperoleh ketenangan
35. Tidak merugi di hari kiamat
36. Memperoleh berkah Alloh
37. Mengugurkan dosa
38. Dapat menguatkan tubuh serta hati kita
39. Dapat melapangkan hati
40. Akan di tolong Alloh
41. Jiwa lebih dekat kepada Alloh
42. Berdzikir / dzikir akan di dengar di langit tertinggi
43. Menjadi makanan ruh serta hati
44.Sebagai Syafaa’t hari kiamat
45.Dapat menjadi pengganti ibadah tathawwu’
46. Akan memperoleh syurga
47. Memperoleh suatu kebaikan
48. Akan memperoleh pemberian Alloh paling berharga
49. Akan dibawah naugan Alloh saat kiamat
50. Alloh tidak akan melalaikanya
51. Memperoleh kebaikan tidak terbatas
52. Sebagai pintu menuju Alloh
53. Kenikmatan di syurga
54.Penyatu hati sesema orang beriman
55. Kemuliaan jiwa
56. Hati selalu terjaga
57. Menjadi lebih taat beribadah
58. Penuh kesyukuran
59. Menjadikan Alloh ridho padanya
60. Mengusir setan dari rumah
61. Di hilangkanya dari perasan sedih, maupun gelisah
62. Sebagai penyembuh penyakit
63. Dapat melebutkan hati diri sendiri
64. Untuk menolak bala
65. Dicintai Alloh
66. Malaikat akan mengucap shalawat kepadanya
67. Dapat mempermudah urusan dunia
68. Menjadikan berbuat amal ketaatan
69. Hilangkan rasa ketakutan
70. Menerangi hatinya serta wajah akan menjadi bersinar dan berseri.
71. Disegani maupun disenangi orang
72. Mendatangkan rezeki yang banyak.
73. Menimbulkan rasa kecintaan
74. Akan melahirkan inabah
75. Akan diangkat ke maqam ihsan
76. Memperoleh kekuatan jasad
77. Sebagai ketenangan jiwa
78. Akan menjadi orang pertama ketika bertemu Alloh
79. Dapat menolak kefakiran
80. Malaikat akan mohon ampun kepadanya
81. Akan dibangun rumah-rumah di syurga

Demikian dari zonabia yang dapat kami sampaikan dalam pembahasan sekarang ini. Sungguh luar biasa fadhilah, keistimewaan maupun keutamaan dalam berdzikir / dzikir kepada Alloh, akan tetapi masih sedikit yang mau untuk melakukan dzikir setiap hari, semoga dengan mengetahui manfaat yang akan di peroleh dapat membuat anda lebih semangat untuk memperbanyak pahala. Sekian mengenai khasiat maupun manfaat dzikir harian pagi maupun petang, terimakasih sudah membaca.